4 Cara Alami Mengatasi Masuk Angin

4 Cara Alami Mengatasi Masuk Angin

BIBLIOTIKA - Jika masuk angin, apa yang biasanya Anda lakukan? Minum obat atau kerikan? Anda tentu pernah melakukan salah satu di antara dua hal di atas, bukan? Namun terkadang, angin dalam tubuh tak juga keluar dan badan tidak juga menjadi enteng meski kita sudah minum obat atau telah kerikan. Padahal, baluran bekas kerikan biasanya telah meninggalkan tanda merah kehitaman di tubuh.

Nah, jika dua hal di atas tak juga menanggulangi masuk angin Anda, cobalah resep ini.

Ambil daun pepaya, jangan yang terlalu tua. Lalu ayunkan daun pepaya tersebut di atas api atau bara, sampai daun tadi berminyak. Setelah itu, selagi daun masih hangat, sapukan ke perut dari arah dada ke bawah, berulang-ulang, sampai daun tadi hancur. Dapat dipastikan angin dalam tubuh Anda akan keluar dengan segera.

Tapi, jika angin itu jenis yang bandel, lakukan hal yang sama pada punggung Anda sampai ke daerah pantat. Niscaya, sebandel apapun angin itu, langsung keluar. Dalam waktu tak berapa lama kemudian, tubuh Anda pun telah terasa ringan dan nyaman.


Kelapa muda untuk masuk angin

Bagi Anda yang bekerja malam hari atau sering melakukan perjalanan jauh tentunya sering terserang masuk angin. Agar selalu sehat dan terhindar dari masuk angin, cobalah membuat penangkalnya.

Caranya, ambil kelapa muda, lalu dikupas hingga tinggal batok (tempurung)-nya. Pangganglah di atas api hingga tempurungnya retak, kemudian kocok-kocok sampai isi kelapa itu hancur. Kemudian minumlah air kelapa itu. Dengan minum ramuan ini, Anda akan menjadi segar dan bugar kembali.


Obat masuk angin sederhana

Bila pekerjaan Anda sering mengharuskan Anda bepergian jauh dan sering masuk angin, tentunya Anda membutuhkan obat mujarab agar tubuh tetap sehat dan segar bugar dalam menjalankan tugas. Untuk itu, siapkan saja resep berikut ini.

Siapkan bawang merah dan jahe secukupnya, lalu dibakar dalam tungku hingga melepuh. Bila sudah agak hangus, angkat dan kupas kulitnya. Lalu ditumbuk hingga remuk dan masukkan ke dalam segelas susu. Kemudian minumlah dalam keadaan hangat. Anda pun bisa bebas bepergian tanpa takut masuk angin.


Mencegah masuk angin

Musim hujan membuat kita kadang atau bahkan sering kehujanan. Memang kadang terasa asyik pas kehujanan karena terasa adem dan segar terguyur air alami dari langit. Tapi kalau akhirnya malah masuk angin atau terkena flu, tentunya yang terasa asyik itu pun jadi tidak asyik lagi.

Nah, biar kehujanan tapi tetap bisa sehat tak masuk angin atau terkena flu, Anda bisa memperhatikan tips yang berikut ini.

Setiap kali kehujanan, segera saja cepat-cepat mandi yang bersih sesampai di rumah, kemudian keringkan badan dengan handuk. Lebih manjur lagi kalau Anda mandi dengan air sumur. Air sumur yang sedikit hangat bisa mensugesti agar badan tetap sehat. Mudah dan murah, kan?