Tips Diet Sehat agar Tetap Berenergi

 Tips Diet Sehat agar Tetap Berenergi

BIBLIOTIKA - Jika Anda sedang menjalankan program diet, maka mengurangi jumlah makanan sehari-hari bisa dikatakan hal wajib. Tetapi, sebenarnya, ini merupakan cara yang “menyusahkan”. Meski mungkin di satu sisi Anda dapat berhasil menurunkan berat badan, tetapi Anda akan sering mengalami masalah dengan kurangnya energi. Akibatnya, Anda akan sering mengalami lesu, mudah letih, dan mengakibatkan Anda tidak bisa maksimal dalam menjalankan aktivitas dan rutinitas sehari-hari.

Nah, berikut ini adalah cara mudah untuk menyiasati problema di atas, agar diet Anda tetap dapat berjalan dengan baik, tetapi Anda akan tetap sehat dan berstamina. Kuncinya adalah pada pola makan yang teratur, dan disiplin Anda dalam menjalankannya.

Usahakan untuk selalu sarapan pagi

Sarapan atau makan pagi adalah bahan bakar yang akan menghidupkan mesin tubuh Anda sepanjang hari. Meski terlihat berat, namun bertahanlah dengan pola menu yang sarat protein (telur atau susu) dan karbohidrat, dengan kadar lemak tak jenuh (sereal, roti gandum, cokelat kasar, oatmeal) dan buah-buahan.

Pertahankan pola makan rendah lemak 

Karena tubuh menggunakan lemak dengan baik untuk tujuan mendongkrak energi, maka Anda tak perlu mengasup makanan berkadar lemak tinggi. Makanan rendah lemak tetap akan mampu menyuplai energi untuk aktivitas Anda sehari-hari.

Silakan ngemil kalau memang ingin 

Mengemil makanan kecil tidak akan mengganggu upaya diet Anda, bahkan akan membantu menjaga kadar gula darah, dan proses pencernaannya yang ringan tidak akan membuat tubuh Anda kehabisan energi.

Kurangi mengkonsumsi minuman berkafein

Kurangi sedikit demi sedikit dan jika mungkin hentikan mengkonsumsi minuman berkafein, seperti minuman bersoda dan kopi. Minuman yang mengandung kafein cuma akan membuat Anda lelah karena sedikitnya kandungan energi di dalamnya.


Tips Praktis Makan Sehat

Dalam hal menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh, Anda perlu memperhatikan asupan yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda. Berikut ini adalah tips praktis yang sebaiknya Anda ingat selalu, jika memang menginginkan tubuh yang senantiasa sehat dan cantik.
  1. Hindari makanan yang berlemak, jeroan, dan juga yang berminyak. 
  2. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung anti oksidan tinggi. 
  3. Makanlah yang cukup, tidak berlebihan, dan juga tepat waktu. 
  4. Jangan menahan lapar untuk diet yang tidak perlu. Ingat, tubuh juga perlu asupan gizi.