Tips dan Panduan Penting Seputar Kosmetik

Tips dan Panduan Penting Seputar Kosmetik

BIBLIOTIKA - Hampir bisa dikatakan kalau kosmetik adalah salah satu hal penting dalam kehidupan wanita. Sepertinya, setiap wanita akan merasa hidupnya tidak lengkap kalau suatu hari tidak menemukan alat-alat kosmetik di meja riasnya. Tentu saja itu sudah menjadi hal yang lumrah, dimana kaum wanita memang selalu berusaha untuk menjaga diri dan kecantikannya, dan untuk tujuan itulah mereka membutuhkan kosmetik sebagai semacam ‘alat bantu’.

Artikel ini khusus mengulas tentang kosmetik, dan info-info yang mungkin belum Anda ketahui seputar aksesori wajib kaum wanita ini. Dengan mengetahui hal-hal berikut ini, maka Anda akan lebih tahu bagaimana cara memanfaatkan kosmetik untuk tujuan mempercantik wajah dan penampilan.


Tips sehat dan aman membeli kosmetik

Membeli kosmetik tentu saja sudah menjadi hal biasa bagi kaum wanita, karena kosmetik merupakan bagian dari kebutuhan sehari-hari kaum wanita. Tapi tahukah Anda, bagaimana cara membeli kosmetik yang sehat dan aman, agar tujuan Anda menjadi cantik juga tetap sahat dan aman? Silakan cermati tips-tips berikut ini.

  1. Pilihlah kosmetik yang alami dari tumbuh-tumbuhan. 
  2. Pilihlah kosmetik yang diolah di laboratorium canggih di bawah pengawasan mutu dan lingkungan yang ketat. 
  3. Sebelum diluncurkan, produk telah diujicobakan pada manusia 
  4. Kosmetik tersebut menjamin keamanan, kecocokan, efektivitas, bahkan untuk kulit yang sensitif. 
  5. Akan lebih baik jika memiliki garansi atau jaminan uang kembali.
  6. Ada label sah dari Depkes BPOM, juga ada label expired-date-nya 
  7. Ramah lingkungan, memiliki kemasan yang bisa didaur ulang. 


Tips membeli dan menggunakan produk kosmetik

Kalau membeli produk kosmetik, sebaiknya jangan asal pilih, karena jika tidak hati-hati, Anda sendiri yang akan dirugikan, misalnya kosmetik yang Anda beli ternyata tidak cocok dengan jenis kulit Anda. Karenanya, sebelum membeli kosmetik, simak dulu tips-tips yang berikut ini:

  1. Jangan mudah percaya pada promosi kosmetik yang menyatakan bahwa bahan pembuatannya bebas alergi.
  2. Tanyakan pada beauty advisor yang Anda kenal, mengenai kosmetik yang aman untuk kulit Anda.
  3. Sebelum membeli, lakukan pengetesan produk kosmetik pada kulit Anda untuk mengetahui apakah alergi terhadap produk tersebut atau tidak.
  4. Usahakan memilih jenis kosmetik berbahan kimia rendah atau ringan.
  5. Sebaiknya jangan terlalu sering mencoba produk kosmetik yang baru. Jika sudah cocok dengan satu produk, lebih baik gunakan terus produk tersebut.


Tips menghindari penyalahgunaan kosmetik

Bukannya mempercantik wajah, kosmetik terkadang malah bisa merusak kulit dan penampilan Anda. Karena itu, gunakan kosmetik dengan benar dan hindari kesalahan yang biasanya sering dilakukan oleh pemakai kosmetik pada umumnya, seperti:

Mengabaikan kebersihan alat kecantikan (kuas, spons bedak, dan lain-lain). Bersihkan dua minggu sekali dengan yang air suam-suam kuku.

Memakai kosmetik yang sudah kadaluwarsa. Buanglah semua produk yang sudah berubah warna, tekstur dan aromanya.

Mengambil kosmetik dengan jari, terutama untuk pelembab, foundation, dan lain-lain. Usahakan untuk menyentuh produk dengan menggunakan cotton buds atau kapas.

Memasukkan kembali sisa kosmetik yang berlebih. Ini bisa menyebabkan jerawat dan iritasi kulit.