Tips agar Kulit Kaki Selalu Lembut dan Sehat

  Tips agar Kulit Kaki Selalu Lembut dan Sehat

BIBLIOTIKA - Setiap wanita pastilah menginginkan kulit kaki yang sehat, lembut, dan indah. Selain berguna untuk menyangga tubuh, atau sarana untuk melangkah, kaki yang sehat dan indah juga akan membantu penampilan Anda secara keseluruhan.

Jika Anda ingin mempunyai kaki yang sehat dan indah, banyak cara yang bisa Anda lakukan. Berikut ini adalah tips-tips menuju kaki yang sehat sekaligus indah:

  1. Hindari berjalan dengan kaki telanjang.
  2. Hindari pemakaian sepatu yang terlampau sempit supaya kaki tidak lecet.
  3. Jangan menggunting kuku kaki terlampau dalam. Bentuk guntingan harus lurus, tidak melengkung masuk sampai sudut kuku.
  4. Kikir ujung kuku untuk menghilangkan ujung yang tajam.
  5. Jangan menggunakan benda tajam untuk mengelupas atau mengangkat sel-sel kulit mati (kapalan).
  6. Pakailah krim pelembut untuk menjaga kulit kaki tetap lembut.
  7. Jika ada luka, hindari penggunaan antiseptik seperti obat merah / iodium karena warna obat akan menyembunyikan inflamasi dan infeksi. Gunakan produk yang transparan.
  8. Jangan menggunakan kaos kaki yang terlalu ketat. Ini dapat menghambat sirkulasi darah.
  9. Rendamlah kaki dua kali seminggu dalam air hangat.
  10. Ketika mandi, gosoklah kaki Anda secara perlahan-lahan. Dimulai dari tumit dan pinggiran telapak kaki serta lutut dengan menggunakan batu apung. Cara ini berguna untuk mengikis kulit ari yang sudah mati.
  11. Sediakan waktu untuk santai dan rileks.


Trik pintar menggunakan high heels

Apabila Anda harus pergi ke pesta yang menuntut Anda tampil cantik dengan sepatu atau sandal hak tinggi alias high heels, dan Anda sepertinya tak punya pilihan lain, Anda bisa mengikuti trik berikut ini:

Langkahkan kaki dengan mengayunkan tumit, lalu pijakkan kaki dengan cepat tapi halus. Usahakan ibu jari kaki selalu menghadap ke depan. Jangan lupa ayunkan tangan untuk menjaga keseimbangan.

Usahakan tidak melangkah terlalu lebar. Dengan kata lain, ambil langkah pendek-pendek.

Jangan mengentakkan kaki terlalu keras. Berjalanlah dengan stabil dan tak terlalu cepat. Nah, mudah-mudahan Anda terbebas dari ‘kecelakaan’ sepatu hak tinggi.