Resep Tetap Cantik di Musim Kemarau

Resep Tetap Cantik di Musim Kemarau

BIBLIOTIKA - Udara yang panas dan matahari yang menyengat bisa menjadi musuh bagi kulit cantik wanita. Ketika menghadapi cuaca yang kemarau, mau beraktivitas pun jadi merasa malas. Kulit jadi kering bahkan pecah-pecah, tak sedikit pula yang kemudian mengalami jerawat di tengah kulit yang kering. Nah, bagaimana menghadapi masalah cuaca panas kemarau ini?

Bersihkanlah wajah secara teratur

Lakukanlah setiap enam jam sekali. Hal ini membantu untuk menghindarkan kulit dari penyumbatan karena kotoran, debu bahkan make up. Penyumbatan kulit inilah yang menyebabkan jerawat pada kulit meski kulit dalam keadaan kering saat musim kemarau.

Setelah membersihkan wajah, berikan vitamin C cair yang biasanya dijual di toko-toko kosmetik tertentu, atau bisa minta dari dokter kulit. Setelah itu, olesi wajah dengan sun block saat pagi, siang dan sore hari, sebelum mulai beraktivitas.

Hindari penggunaan kosmetik secara berlebihan 

Misalnya, setelah Anda menggunakan sun block atau pelembab, cukup gunakan bedak tabur saja. Apabila memang tidak diperlukan, hindari penggunaan alas bedak.

Gunakan sun block atau pelembab yang mengandung SPF minimal 15. Untuk yang berusia diatas 30 tahun, gunakan SPF 30.

Hal-hal diatas itu adalah resep untuk perawatan kulit wajah. Lalu bagaimana dengan kulit tangan, kaki serta kulit tubuh? Berikut ini resep-resepnya:

Mandilah secara teratur, minimal dua kali sehari. Mandi akan membantu membuang kotoran yang melekat pada tubuh. Jika memungkinkan dan diperlukan, tambah frekuensi mandi. Bahkan setelah beraktivitas di dapur, sebaiknya Anda segera mandi, karena minyak, panas dan aktivitas lain yang dilakukan di dapur dapat membuat kulit menjadi kering.

Olesi tubuh Anda dengan hand body lotion setelah mandi. Saat tubuh lembab, lotion akan menyerap dengan baik dibandingkan setelah tubuh benar-benar kering.

Apabila kulit tangan atau kaki terlanjur pecah-pecah, gunakan batu apung. Gosokan pada bagian tangan dan kaki yang pecah-pecah tersebut dengan gerakan memutar. Jangan terlalu kuat menggosoknya. Selain itu, olesan minyak zaitun juga dapat membantu  menghaluskan kulit.

Hindari makanan yang berminyak dan yang berlemak. Mengkonsumsi makanan berminyak dan berlemak saat udara panas justru dapat memperburuk kondisi kulit. Sebaiknya konsumsi makanan yang berkuah dengan sedikit lemak atau minyak.

Selain itu, hindari penggunaan kosmetik yang mengandung alkohol bagi Anda yang kebetulan berkulit sensitif.