Panduan Pintar Seputar Tata Rias

Panduan Pintar Seputar Tata Rias

BIBLIOTIKA - Penggunaan kosmetik ditujukan untuk mengubah atau memperbaiki wajah, agar tampil cantik. Karena itu, agar tujuan tersebut dapat berhasil secara maksimal, maka yang Anda perlukan adalah pengetahuan dan penguasaan ketrampilan tata rias, serta kemahiran memainkan warna-warna gelap dan terang.

Berikut ini adalah beberapa hal meliputi prinsip tata rias yang perlu Anda perhatikan:

Warna gelap (shading): merupakan warna bayangan yang memberi kesan menyamarkan, mengurangi, mencekungkan atau mengecilkan. Misalnya warna kecokelatan dan semua warna campuran dengan warna hitam.

Warna terang: memberi kesan menonjolkan, menggembungkan, meninggikan dan melebarkan, seperti warna putih, silver (yang terang) dan lain-lain.

Perpaduan: campuran warna gelap dan terang mampu menciptakan relief atau kedalaman pada wajah, sehingga wajah tidak tampak rata (flat).

Lain-lain: perhatikan kosmetik bermutu baik yang mampu mempercantik wajah Anda. Namun, sebelum merias wajah, bersihkan dulu kulit muka dengan susu atau krim pembersih. Selanjutnya, berilah tonik penyegar, setelah itu Anda sudah bisa mulai merias. Pertama, usapkan alas bedak ke wajah.

Hendaknya sesuaikan dengan warna kulit (entah itu kuning langsat, sawo matang, coklat kehitaman, atau putih kekuningan). Jika menghendaki alas bedak berwarna terang atau gelap, pilihlah warna yang satu tingkat lebih terang atau lebih gelap dari warna kulit Anda.

Demikian juga dengan bedak. Jika alas bedak berwarna gelap, maka bedak dipilih yang warnanya setingkat lebih muda dari warna alas bedak, atau sebaliknya. Untuk riasan mata, perona pipi dan lipstik, serasikan dengan busana yang Anda kenakan. Terakhir, sesuaikanlah tata rias wajah Anda dengan waktu (siang atau malam). Pemakaian tata rias sederhana untuk siang hari, dan lebih tebal di malam hari.


Tips pintar memilih foundation

Untuk memilih foundation yang tepat, sebaiknya memilih di tempat yang terang, dengan pencahayaan alami. Sedangkan kebanyakan outlet yang ada di mall ataupun di toko-toko kosmetik, mengunakan fluorescent yang dapat mengubah warna foundation itu sendiri.

Triknya adalah dengan meneteskan sedikit foundation pada ujung jari Anda, lalu keluarlah dari toko tersebut. Periksa refleksinya di bawah sinar matahari. Pilihlah warna yang mendekati kulit Anda.

Cara yang lebih mudah, kadang-kadang majalah wanita sering memberikan sampel foundation, dengan cara ini Anda bisa mencobanya dengan lebih mudah dan lebih baik tentunya.


Bagaimana tampil natural dengan foundation

Penggunaan foundation memerlukan trik tersendiri agar hasilnya benar-benar maksimal sekaligus natural, sebagaimana yang Anda inginkan. Berikut ini cara tepat dalam menggunakan foundation:

Gunakan ujung jari, spons, atau kuas khusus. Ujung jari paling mudah untuk digunakan dan memberikan hasil yang lebih natural serta merata.

Pastikan seluruh bagian wajah tertutup foundation. Jangan sampai ada bagian-bagian wajah yang terlewat.

Ratakan foundation terlebih dulu di bagian pipi. Lanjutkan dengan menyapukan foundation di area T (dahi, hidung, dan dagu), dari arah atas ke bawah.

Jangan gunakan foundation terlalu tebal agar tidak menor, terutama di area wajah tertentu yang perlu dikoreksi.

Untuk menyempurnakan riasan, gunakan concealer di beberapa area wajah dengan noda bekas jerawat, atau warna yang tak merata pada wajah setelah foundation.