Panduan Perawatan Sehari-hari untuk Kaki

 Panduan Perawatan Sehari-hari untuk Kaki

BIBLIOTIKA - Karena letaknya yang di bawah, perawatan kaki seringkali dilupakan. Padahal seperti bagian tubuh yang lain, kaki pun harus dirawat agar sehat dan indah. Apalagi mengingat fungsinya yang sangat penting. Secantik atau seseksi apa pun seseorang, tapi kalau tumit kakinya pecah-pecah, baunya tidak sedap dan ada kutu airnya, pasti akan merusakkan penampilan.

Tetapi, untuk perawatan kaki ini tidak perlu buru-buru ke salon perawatan tubuh. Karena ada cara mudah yang tentunya lebih murah dan lebih praktis untuk merawat bagian kaki ini. Yang penting, lakukan secara teratur tips berikut ini.

Jika kaki Anda bermasalah, rendamlah kaki dalam air hangat suam-suam kuku yang telah ditaburi garam dapur, kurang lebih 2 sampai 3 sendok makan. Sikatlah dengan sikat yang halus mulai dari tumit, kuku dan sela-sela jari, dan pastikan benar-benar bersih. Keringkan dengan handuk lembut, lalu oleskan lotion. Lakukan sebelum tidur atau setelah mandi.

Jika kaki Anda tidak bermasalah, garam dapur dapat diganti dengan perasan air jeruk nipis. Caranya, lakukan pijatan kecil jika diperlukan. Perawatan dapat juga dilakukan pada tangan Anda. Dengan cara begini, maka Anda dapat melakukan pedicure dan menicure sendiri dengan cara yang mudah.


Tips bila tumit pecah-pecah

Tumit kita seringkali mengalami pecah-pecah, terutama pada musim kemarau yang panjang. Meski sepele, mungkin hal ini cukup mengganggu karena bisa merusak penampilan. Nah, salah satu cara yang bisa dipakai untuk menanggulangi tumit yang pecah-pecah itu adalah dengan menggunakan pasta gigi.

Caranya mudah, cukup oleskan pasta gigi pada bagian tumit yang pecah-pecah tersebut. Lakukan setiap malam waktu hendak tidur. Apabila dilakukan secara teratur, tumit yang pecah-pecah itu pun akan menjadi halus kembali.


Tips mudah untuk mempercantik kaki

Kalau Anda ingin punya kaki yang indah dan cantik, Anda bisa melakukan resep yang mudah, yakni dengan melakukan foot spa. Kalau tak ada waktu datang ke salon atau merasa malas antri di sana, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Caranya gampang. Perhatikan saja yang berikut ini:

Sediakan baskom yang telah diisi dengan air hangat. Beri sedikit bath salt, lalu rendam kaki Anda selama 15 menit.

Setelah itu gosokkan foot scrub gel ke kaki Anda sampai sebatas lutut. Foot scrub ini gunanya untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan butiran scrub-nya dapat melembutkan kulit.

Pada tahap ini, bilaslah kaki Anda sekali lagi dengan air hangat. Setelah itu oleskan masker bengkoang. Masker ini gunanya untuk membersihkan kulit kaki dan noda-noda bekas luka. Diamkan sekitar 20 menit, lalu bilas lagi.

Untuk menjaga keindahan kulit kaki, gunakan lotion setiap habis mandi. Pakailah lotion untuk kaki yang mengandung minyak essential citrus atau lemongrass. Minyak essential ini baik untuk mencegah kekeringan pada kulit kaki dan juga sebagai antiseptik.

Tahap terakhir, semprotlah kaki dengan hand and foot spray untuk mencegah bau kaki yang tak sedap.

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, lakukan perawatan ini paling tidak seminggu sekali.