Panduan Perawatan Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Panduan Perawatan Kesehatan dan Kecantikan Kulit

BIBLIOTIKA - Kulit wanita merupakan sesuatu yang penting, karena fungsinya tidak saja menjadi indikasi kesehatan seseorang, tetapi juga merupakan bagian dari daya tarik. Kulit yang sehat, cantik dan terawat tentu saja menjadi dambaan setiap wanita, karena kulit yang terlihat kusam dan tak terawat menjadikan kita jadi tampak kurang sehat dan kurang menarik.

Karena pentingnya fungsi kulit inilah yang menjadikan banyak wanita sampai menghabiskan banyak waktu serta biaya demi perawatan kulitnya, entah dengan mengkonsumsi obat-obatan dan kosmetik tertentu, sampai berlangganan ke salon setiap bulannya.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam perawatan seputar kulit yang bisa Anda lakukan sehari-hari di rumah. Kiat-kiat yang diungkapkan di bawah ini lebih dikhususkan pada bagian-bagian kulit tubuh yang tergolong amat penting, khususnya kulit pada bagian-bagian tubuh yang biasa terlihat, seperti kulit wajah, kulit tangan dan kaki.

Mengatasi pori-pori kulit yang membesar

Pori-pori yang besar biasanya disebabkan oleh banyak faktor. Pertama karena faktor genetik atau keturunan, dan faktor kedua karena kulit yang berminyak dan berjerawat. Sisa dari jerawat tersebut kemudian membentuk pori-pori yang besar.

Pori-pori yang besar ini tidak bisa dihilangkan kecuali dengan operasi. Akan tetapi, kehadirannya dapat diminimalisasi atau dikurangi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan pori-pori yang sudah terlanjur membesar ini.

Pertama, bersihkanlah wajah secara teratur, terutama sehabis beraktivitas di luar ruangan. Karena kotoran yang menempel dan menyumbat pori-pori dapat membuat pori menjadi semakin besar.

Kedua, jika kulit Anda berminyak dan berjerawat, lakukanlah peeling, scrubbing dan facial secara teratur. Gunakanlah kosmetik secara tidak berlebihan hingga kondisi pori mengecil. Kunjungi dokter atau ahli kecantikan yang dapat membantu Anda untuk melakukan semua itu.

Ketiga, sebisa mungkin hindari mengkonsumsi makanan yang dapat memicu jerawat (jika kondisi kulit wajah Anda berjerawat dan berminyak).

Tips melindungi kulit dari sinar matahari

Hidup di negara tropis seperti Indonesia memang kadang-kadang menyusahkan. Kita perlu mikir dua kali jika hendak bepergian keluar rumah di siang hari, apalagi di tengah musim kemarau yang panas menyengat.

Apalagi bagi kaum wanita, tentunya lebih berpikir lagi. Kulit yang sudah putih mulus bisa-bisa rusak dalam sekejap oleh sengatan sinar matahari yang memang tidak mengenal kompromi. Karena itu, kita harus selalu memakai sunblock tiap kali melakukan aktivitas di luar ruang. Jadi jangan hanya memakai sunblock ketika berjemur di pantai saja.

Agar kulit Anda terlindung dari sinar ultraviolet ganas yang dipancarkan matahari, Anda harus memastikan produk sunblock yang Anda pakai mengandung titanium dioksida dan seng oksida. Selain itu, pakailah lotion antara SPF 15 hingga SPF 30 untuk mendapatkan perlindungan maksimum untuk kulit halus Anda.

Tips menyehatkan kulit dengan santan

Tahukah Anda, selain membuat gurih masakan, santan atau air perasan kelapa ternyata juga bagus untuk mempercantik kulit wajah. Caranya pun mudah dilakukan. Jika Anda tertarik untuk memanfaatkannya, silakan cermati tips berikut.

Pilihlah kelapa yang sedang (maksudnya tidak terlalu muda ataupun tidak terlalu tua), lalu parut dan peraslah menjadi santan. Gunakan air secukupnya, agar santan itu kental.

Setelah itu, langsung saja balurkan ke wajah atau ke kulit sekujur tubuh, terutama yang pada bagian Anda inginkan. Diamkan beberapa saat, lalu bilaslah dengan cara mandi seperti biasa. Kalau hal ini rajin dilakukan, dijamin kulit yang sehat alami dan cantik berseri akan segera menjadi milik Anda.