Panduan Perawatan Kecantikan Tangan dan Kaki

 Panduan Perawatan Kecantikan Tangan dan Kaki

BIBLIOTIKA - Tahukah Anda, selain digunakan sebagai bumbu penyedap, ternyata garam juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain, yakni untuk perawatan tangan dan kaki, seperti yang diuraikan berikut ini.

Apabila tangan Anda terasa kasar dan kurang menarik, buatlah larutan dari air hangat dalam satu baskom, dan garam sebanyak 3 sendok makan. Kemudian rendamlah tangan Anda selama lima menit dan perhatikanlah perbedaannya. Tangan Anda akan lebih halus.

Apabila kaki Anda terasa capek dan pegal karena baru melakukan perjalanan jauh, maka rendamlah kaki Anda selama 15 menit dalam sebuah ember berisi air hangat. Kemudian gosoklah dengan garam yang sudah dibubuhi air. Lalu bilaslah dengan air bersih. Dengan cara ini, Anda pun akan siap bila harus berjalan kaki lagi.


Tips mengatasi kulit tangan dan kaki yang kusam

Kulit tangan dan kaki biasanya lebih mudah menjadi kusam. Apalagi jika Anda malas merawatnya. Nah, kalau kebetulan Anda mengalami hal yang semacam itu, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan kulit tangan dan kaki yang kembali cemerlang. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Biasakanlah untuk menjaga kebersihan tangan dan kaki Anda.

Biasakanlah mengoleskan lotion untuk tangan dan kaki, minimal dua kali dalam sehari. Bagi Anda yang beraktivitas di ruangan yang ber-AC atau di tengah terik matahari, biasakan untuk mengoleskan lotion secara lebih sering, terutama setelah mencuci tangan atau kaki.

Gunakanlah selalu lotion yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Usahakan lotion yang mengandung SPF minimal 15. Tetapi, untuk Anda yang hidup di iklim tropis, sebaiknya menggunakan SPF 30.

Konsumsilah vitamin C alami yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran sesering mungkin.

Jika ada, oleskan vitamin C dan E secara berselang-seling sehari sekali. Biasanya cairan vitamin ini bisa diperoleh di dokter kulit.

Jangan lupa untuk rajin berolahraga. Fungsi olahraga di sini adalah untuk menjaga kekencangan dan juga kelenturan kulit.


Tips agar kaki selalu sehat dan indah

Apakah Anda ingin mempunyai kaki yang sehat dan indah? Caranya gampang, asal Anda rajin dan sabar merawatnya. Berikut ini kiat-kiat untuk merawat kaki agar senantiasa sehat dan indah:

Untuk menghaluskan tumit yang kasar dan pecah-pecah, gunakan getah buah pepaya. Caranya, ambil buah pepaya yang masih muda. Potong bagian tepinya, lalu gosokkan getah yang ada pada pepaya tersebut pada bagian kaki yang pecah-pecah. Tunggu sampai sekitar 10-15 menit, kemudian bersihkan dengan sabun dan air. Lakukan cara tersebut setiap hari sampai kaki menjadi benar-benar halus.

Bersihkan sela-sela kaki dengan menggunakan spons atau sikat bekas dan sabun dengan baik. Lakukan secara rutin tiap kali mandi, agar kaki menjadi bersih dari kotoran yang menempel.

Potonglah kuku kaki seminggu sekali. Kalau perlu dibentuk oval atau rata, agar lebih menarik.

Gunakan foot cream setiap pagi dan malam hari, terutama di sela-sela jari dan tumit. Itu untuk mencegah kekeringan.