Panduan Merawat dan Mengatasi Jerawat

 Panduan Merawat dan Mengatasi Jerawat

BIBLIOTIKA - Untuk jerawat yang tergolong jenis bintik-bintik kecil, Anda cukup menggunakan obat lotion pembersih jerawat yang dapat Anda peroleh dengan resep dokter. Obat-obat tersebut mengandung bahan yang cukup lembut untuk perawatan kulit wajah Anda.

Akan tetapi, yang perlu Anda perhatikan, sebaiknya gunakanlah obat jerawat yang tidak mengandung zat belerang atau sulfur. Sebab, menurut penyelidikan yang pernah dilakukan Dr. Albert M. Kligman, obat-obat jerawat semacam itu mengandung sulfur atau zat belerang. Nah, adakah akibat atau efek samping jika menggunakan obat-obatan semacam itu?

Memang dipercaya bahwa zat belerang turut membantu menyembuhkan bintik-bintik kecil jerawat atau bisul jerawat. Tetapi ia juga bisa menggalakkan terbentuknya bitik-bitik hitam, yang justru menambah peluang bagi jerawat untuk berkembang secara lebih lanjut. Karenanya kemudian muncul semacam lingkaran keterkaitan yang saling sambung menyambung.

Obat jerawat yang mengandung kadar belerang secara berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan pada kulit. Apalagi jika kurang berhasil mendatangkan kesembuhan yang sempurna, dalam arti karena kulit kita tidak cocok dengan zat tersebut. Karena itu pula, jika Anda menggunakan suatu obat jerawat, tetapi Anda tidak mendapatkan manfaat yang nyata, Anda bisa segera meninggalkannya, karena bisa dibilang upaya itu hanya akan sia-sia.


Penanganan masalah jerawat

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menangani masalah jerawat:

  1. Perawatan diri sendiri: cucilah muka setelah bepergian dan sebelum tidur, dengan sabun wajah. Hindari menggosok wajah terlalu keras.
  2. Gunakan bedak tabur, jangan bedak padat atau compact.
  3. Pakailah tabir surya atau sunblock dengan SPF 30 untuk mengurangi paparan sinar ultra violet yang memicu timbulnya jerawat.
  4. Apabila kulit kering, dapat menggunakan krim pelembab.
  5. Jangan memencet-mencet jerawat, karena akan menimbulkan peradangan.
  6. Berkonsultasilah dengan dokter kulit yang nantinya akan memberikan obat krim jerawat, dan obat ini biasanya akan disesuaikan dengan kondisi kulit wajah Anda.


Langkah mudah mengatasi problem jerawat

Cuaca yang panas biasanya menjadikan debu-debu mudah beterbangan yang kemudian menempel pada wajah, dan kemudian melahirkan jerawat. Meskipun ini terkesan sebagai masalah kecil, namun jerawat bisa menyebabkan seorang wanita menjadi frustrasi.

Berikut ini adalah langkah mudah untuk mengatasi jerawat:

Rajin-rajinlah membersihkan wajah dengan air bersih. Jika memungkinkan, gunakan produk sabun untuk kulit sensitif.

Berikan obat jerawat pada bagian yang berjerawat dan kulit sekitar jerawat, dua kali dalam sehari selama minimal 30 menit.

Lakukan masker dan scrub wajah seminggu sekali. Setelah wajah sudah bebas jerawat, lakukan dua minggu sekali untuk kulit berminyak atau sebulan sekali untuk kulit yang normal dan kering.