Panduan Mengidentifikasi Kanker Payudara

Panduan Mengidentifikasi Kanker Payudara

BIBLIOTIKA - Kaum wanita perlu mewaspadai jika menemukan hal-hal yang tidak wajar pada payudara.

Karena kelalaian mengidentifikasi kelainan pada payudara akan dapat mengakibatkan penyesalan, seperti misalnya terkena kanker payudara, penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi kaum perempuan.

Tentu saja kanker payudara merupakan sesuatu yang menakutkan, tetapi akan lebih baik jika diidentifikasi sedini mungkin, sehingga akan segera mendapatkan penanganan yang lebih baik. Para wanita harus tahu persis apa yang harus dilakukan untuk menjaga kondisi payudaranya agar tetap sehat, dan bukannya sekadar indah dan seksi.

Nah, berikut ini adalah indentifikasi untuk mengenali tanda-tanda yang ada pada payudara:

Cyclic mastalgia

Hal ini ditandai dengan rasa nyeri yang tidak terlalu menyengat, tapi berlangsung lama.  Penyakit ini diakibatkan oleh fluktuasi hormonal yang terjadi pada wanita setiap bulan. Untuk mengurangi rasa sakitnya, cobalah untuk diet rendah lemak dan perbanyak mengkonsumsi sayuran.

Fibrosostik

Ini merupakan suatu penyakit yang terjadi karena kelenjar susu melebar dan berisi air. Penyebabnya tak lain adalah karena ketidakseimbangan hormonal. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengurangi konsumsi garam dan cokelat.

Kista

Biasanya menyerang wanita yang berusia 40-an. Penyakit ini bisa merupakan kelanjutan dari fibrosostik yang membesar. Atau bisa juga merupakan tumor yang membesar dan berisi cairan.

Fibroadenomas

Merupakan tumor jinak yang membesar dengan sangat lambat.  Tapi tetap saja Anda tak boleh membiarkannya, dan harus segera diangkat, karena ini merupakan bentuk ketidaknormalan.

Paget desease

Ini merupakan gejala kanker stadium dini. Gejalanya ditandai pada puting susu terdapat luka yang tidak sembuh-sembuh selama sedikitnya 2 bulan. Sifat penyakit ini cepat sekali berkembang dan akan terus menyebar melalui saluran kelenjar susu, dan berakhir di daerah puting.

Inverted nipple

Ini merupakan keadaan normal jika sudah terjadi sejak awal. Saat wanita akan menyusui, puting bisa keluar dengan sendirinya karena desakan kelenjar susu yang berkembang. Tapi jika Anda dalam kondisi baik-baik saja tapi tiba-tiba puting Anda ‘tenggelam’ dengan sendirinya, maka ini bisa merupakan gejala kanker.

Tumbuh rambut di bagian putting

Ini merupakan kondisi normal. Rambut ini boleh saja dicabut, hanya saja masalahnya adalah bekas cabutannya ditakutkan akan menimbulkan luka dan menyebabkan infeksi.