Panduan Memilih dan Menggunakan Alas Bedak

Panduan Memilih dan Menggunakan Alas Bedak

BIBLIOTIKA - Tahukah Anda, bagaimana tips yang baik dalam memlih alas bedak? Memilih alas bedak yang tepat merupakan langkah awal untuk rias wajah yang tepat. Saat akan membeli sebuah alas bedak, sebaiknya Anda memoleskan sedikit di bawah tulang pipi, dan perhatikanlah di luar ruang, dengan kaca kecil, karena ketepatan warna sangat penting.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan mengenai alas bedak:

Hindari alas bedak yang warnanya lebih muda dari kulit wajah Anda. Hal ini akan memberikan kesan pucat bagi wajah Anda. Kecuali jika itu memang Anda inginkan.

Warna kuning biasanya paling netral dengan kulit orang Asia. Kebanyakan warna pigmen orang Asia cenderung kekuningan. Namun bagaimanapun, paling baik adalah memilih warna alas bedak yang paling mendekati warna asli kulit Anda.

Sebaiknya Anda memilih alas bedak yang ringan, yang memberikan hasil riasan akhir agak lembab. Alas bedak yang berat cenderung mempertegas garis-garis halus kulit, dan kulit pun akan menjadi kering.

Hal lain yang sering dilupakan wanita adalah memberikan alas bedak serta bedaknya pada bagian leher dekat telinga dan di bawah rahang. Padahal daerah ini akan terlihat jelas, terutama pada siang hari.


Tips pintar membeli alas bedak

Alas bedak merupakan piranti vital dalam tata rias wajah. Pasalnya, dasar riasan yang tepat akan menghasilkan tata rias yang sempurna. Bagaimana memilih alas bedak yang tepat?

Berikut ini beberapa tips dalam memilih alas bedak:

Kenalilah efek apa yang ingin Anda timbulkan dari alas bedak yang hendak dibeli. Untuk pemakaian sehari-hari, sebaiknya alas bedak tidak terlalu ‘berat’ atau ‘artifisial’. Alas bedak harus senada dengan warna kulit Anda. Untuk melihat apakah alas bedak sesuai atau tidak dengan warna kulit Anda, Anda tinggal bercermin. Jika Anda tampak seperti tidak menggunakan make up, tandanya alas bedak yang dipilih sudah tepat. Kesan natural inilah yang akan membuat tata rias wajah selanjutnya lebih baik.

Pilihlah jenisnya. Alas bedak kini dikemas dalam banyak tipe. Ada alas bedak yang berbentuk krim, cair, pelembab sekaligus alas bedak, serta dual-finish, yakni alas bedak basah dan kering. Alas bedak cair bisa menjadi pilihan, karena pemakaiannya lebih gampang dan lebih rata.

Jika sudah menemukan warna alas bedak yang senada dengan warna kulit wajah, jangan tergesa-gesa membelinya. Coba dulu sebelum membeli. Oleskan sedikit alas bedak tersebut di bagian pipi Anda. Lalu keluarlah dari ruangan dan berkacalah. Pokoknya, wajah Anda terlihat seperti tidak menggunakan apapun, itulah alas bedak yang cocok untuk Anda. Sebaliknya, kalau warnanya terlihat jelas, itulah saatnya untuk mencari warna yang lain. Pastinya, penampakan yang paling natural akan terlihat dengan adanya pencahayaan yang juga alami.

Jika warna kulit wajah Anda tidak rata, pilihlah alas bedak yang warnanya sama gelapnya dengan warna kulit wajah Anda. Soalnya, jika Anda pilih alas bedak yang berwarna agak cerah, wajah Anda akan terlihat seperti berkapur. Kalau Anda ragu untuk memutuskan warna apa yang seharusnya dipilih, cobalah warna kekuningan. Apapun warna kulit wajah Anda, warna inilah yang paling ‘aman’ untuk dipilih.