Panduan agar Sehat Selama Kehamilan

Panduan agar Sehat Selama Kehamilan

BIBLIOTIKA - Hamil adalah suatu peristiwa yang paling membahagiakan bagi calon ibu dan merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh pasangan yang mendambakan buah hati. Hamil dengan kondisi sehat dan bugar tentu saja menjadi idaman setiap wanita yang mencadi calon ibu.

Nah, berikut ini adalah sejumlah tips agar bisa senantiasa sehat dan segar selama menjalani masa-masa kehamilan:

Pelajari dan perhatikan perubahan di dalam tubuh Anda. Bacalah buku mengenai pertumbuhan bayi dan segala keterangan tentang kehamilan. Mintalah nasihat teman, ibu dan calon ibu lainnya menyangkut masalah kehamilan. Jangan ragu pula untuk bertanya kepada dokter pada setiap jadwal kunjungan Anda. Apabila mungkin, hadirilah kelas bagi ibu hamil dan pelajari teknik melahirkan secara alamiah.

Pilihlah rumah sakit dan dokter yang akan membantu kelahiran Anda. Dengan memastikan sejak awal, tenaga medis akan mengetahui riwayat kehamilan dan memantau perkembangan Anda setiap saat.

Pilihlah diet yang sehat dan seimbang. Diet dengan patokan piramida makanan adalah pilihan yang bagus untuk ibu hamil. Minumlah susu lebih banyak, juga makanan lain yang mengandung protein. Apabila Anda tidak gemar makan buah atau sayur setiap hari, Anda perlu mengasup vitamin asam folat yang penting bagi ibu hamil. Selain itu, minumlah air putih lebih banyak (enam sampai sepuluh gelas perhari) dan pilihlah jus buah asli. Selain itu, kurangi atau jauhi minuman soda.

Hindari rokok, alkohol dan obat-obatan bebas. Jangan makan obat sembarangan meskipun dosisnya ringan sekalipun. Apabila terpaksa, diskusikan terlebih dulu dengan dokter Anda.

Lakukan kegiatan seperti biasa. Apabila Anda bekerja, tetaplah beraktivitas seperti biasa, hanya saja kurangi intensitasnya dan berusahalah untuk santai. Apabila Anda suka berolahraga, maka jalan kaki atau renang adalah pilihan yang terbaik selama Anda hamil. Senam hamil juga dianjurkan untuk membantu gerakan fisik dan daya tahan pernapasan ketika melahirkan. Konsultasikanlah pada dokter Anda sebelum memutuskan mana yang paling baik.

Perbanyaklah waktu istirahat. Tubuh akan memperingatkan Anda jika Anda terlalu lelah atau capek. Ambillah waktu istirahat di sela-sela kegiatan Anda yang padat dan duduklah dengan santai. Berselonjorlah di kursi atau di atas tempat tidur, jangan menekuk kaki. Selain itu, usahakan untuk tidur lebih awal untuk mengatur irama biologis bayi di dalam kandungan.

Bicaralah dengan bayi di perut Anda, bangunlah kontak dengan sentuhan. Riset membuktikan bahwa bayi akan bereaksi terhadap sentuhan saat kandungan mencapai usia sepuluh minggu. Setelah itu, bayi akan mampu bereaksi terhadap cahaya, suara sang ibu, musik, dan suara lainnya.

Kurangilah dan kendalikan stres. Praktekkan teknik mengelola stres dengan mengatur pernapasan dan menenangkan otot-otot yang stres. Riset menunjukkan bahwa stres dapat berakibat buruk bagi bayi dan memicu hiperaktivitas pada  bayi.

Rencanakanlah sejak dini, proses melahirkan seperti apa yang akan Anda pilih. Bagaimanapun juga, melahirkan secara normal dan alamiah adalah pilihan mayoritas dari para calon ibu.

Hadapilah kehamilan dengan gembira. Nikmatilah perubahan tubuh Anda dari hari ke hari dan yakinkanlah bahwa Anda akan mampu melewati proses kehamilan ini dengan baik, serta melahirkan bayi yang sehat pula.