Merawat Kesehatan dan Kecantikan secara Alami

Merawat Kesehatan dan Kecantikan secara Alami

BIBLIOTIKA - Tampil sehat, bugar, cantik dan juga menarik tentu saja merupakan dambaan setiap orang, terutama kaum wanita. Untuk tujuan tersebut, tidak jarang berbagai upaya pun dilakukan dengan tanpa mengabaikan kesehatan yang menjadi faktor penunjangnya.

Untuk tujuan tersebut, seseorang biasanya akan terus berusaha meskipun harus mengeluarkan biaya yang tak sedikit demi terjamin dan tercapainya kesehatan yang prima dan penampilan yang menarik. Apalagi kemajuan jaman juga menuntut setiap orang untuk selalu aktif berkarya dan berprestasi sehingga diharapkan untuk selalu tampil sehat dan bugar.

Untuk dapat melakukan aktivitas sehari-hari tentunya sangat perlu didukung oleh tubuh yang sehat dan juga daya tahan tubuh yang kuat. Di antara upaya untuk menjaga agar tetap tampil sehat, bugar dan menarik, cara yang dapat ditempuh adalah dengan menerapkan pola hidup alamiah atau back to nature di dalam kehidupan sehari-hari, seperti menghindari kebiasaan merokok, minuman yang beralkohol, penyalahgunaan obat-obatan terlarang, kurang tidur, menghindari stres, menjaga pola makan yang sehat, serta berolah raga secara teratur sehingga tubuh menjadi tidak rentan terhadap serangan penyakit.

Pola makan yang buruk seperti sering telat makan, konsumsi makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi, kurang minum air putih, dan lain-lain dapat menurunkan daya tahan tubuh. Penerapan pola makan ala barat yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan, misalnya pengkonsumsian makanan siap saji (fast food) karena dinilai lebih praktis dan nikmat.

Saat ini jenis-jenis makanan tersebut semakin menjamur dan diminati masyarakat, padahal makanan tersebut berkadar lemak jenuh tinggi yang tidak baik bagi kesehatan jantung dan juga dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan. Olahraga yang teratur, selain untuk kesehatan, juga mempunyai efek yang baik bagi kecantikan dan penampilan, karena tubuh akan kelihatan lebih menarik dan juga lebih segar.

Penampilan yang cantik dan menarik biasanya erat kaitannya dengan kulit. Salah satu masalah saat ini yang berkaitan dengan kulit yaitu penuaan dini. Pada proses penuaan, kulit biasanya terlihat menjadi kering, kasar, kendur, terdapat bercak-bercak, timbul lipatan pada bagian leher, berkerut, dan juga garis-garis ketuaan yang muncul di wajah.

Permasalahan kulit yang sering dialami adalah kulit kering dan kasar yang disebabkan karena kemunduran fungsi produksi kelenjar lemak kulit yang berkaitan dengan penurunan kadar hormon, sedangkan kulit keriput karena berkurangnya jumlah serat kolagen yang terdapat pada lapisan dalam kulit.

Bahan-bahan alami yang banyak mengandung vitamin C dan E sangat baik untuk tujuan peremajaan kulit. Fungsi dari vitamin C dan E antara lain sebagai antioksidan yang memberi perlindungan dari radikal bebas dan juga melawan efek oksidasi yang dapat menyebabkan penuaan. Sumber vitamin C yang tinggi dapat diperoleh dari buah-buahan segar seperti jeruk lemon, kiwi, jambu biji, mangga, pepaya, dan lain-lain.

Sumber vitamin E dapat pula diperoleh dari kecambah, kacang-kacangan, alpukat, dan lain-lain. Vitamin C dan E juga berperan dalam pembentukan kolagen, yaitu jaringan yang menyangga kulit. Kolagen merupakan kerangka dalam lapisan kulit yang dapat mengeluarkan protein dan zat-zat bagi peremajaan kulit. Kolagen memiliki khasiat yang sangat baik untuk mempertahankan kondisi kulit sehingga tetap elastis dan kencang. Sumber kolagen juga dapat diperoleh dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kolagen, seperti ceker ayam.

Berikut ini adalah contoh dari beberapa bahan alami dan tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk tujuan perawatan kesehatan dan kecantikan, khususnya bagi kaum wanita.

Lidah buaya (Aloe vera L.)

Khasiat: Untuk menghaluskan kulit, mengatasi jerawat, flek hitam, menyuburkan dan juga menguatkan rambut, meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan sakit kepala, pusing, dan lain-lain.

Lignin yang terkandung di dalam gel lidah buaya mampu meresap ke dalam kulit dan dapat berfungsi menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit, sehingga dengan demikian kulit tidak menjadi cepat kering dan lebih terjaga tingkat kelembabannya.

Alpukat (Persea gratissima Gaertn.)

Buah alpukat memiliki khasiat dalam melembabkan kulit yang kering, sariawan, dan juga menurunkan kolesterol (asal tidak memakai gula / madu / susu dalam mengkonsumsinya).

Kandungan lemak yang terdapat pada buah alpukat sangat baik untuk perawatan kulit wajah, terutama bagi kulit yang kering.

Temu Lawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) 

Khasiat: Untuk meningkatkan stamina, mengatasi jerawat, gangguan lambung dan hati, gangguan haid, anemia, dan lain-lain.

Rimpang temulawak mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai anti radang, hepatoprotektor (melindungi hati dari kerusakan), dan juga berfungsi sebagai anti bakteri.

Kiwi (Actinidia chinensis)

Khasiat: Untuk meningkatkan stamina tubuh, mencegah kanker, menjaga kecantikan kulit, mempercepat penyembuhan luka atau penyakit, dan lain-lain.

Buah kiwi mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga baik jika digunakan sebagai antioksidan dan untuk tujuan meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengkudu (Morinda citrifolia L.)

Khasiat: Untuk meningkatkan stamina, mengatasi kolesterol tinggi, hipertensi, kegemukan, untuk pelembut kulit, ketombe, mencegah kanker, dan lain-lain.

Mengkudu mengandung damnachanthal yang berfungsi sebagai anti kanker, dan juga mengandung terpenten yang berfungsi dalam hal peremajaan sel kulit.

Wortel (Daucus carota)

Khasiat: Untuk menjaga kesehatan mata, radang kulit, mencegah kanker, meningkatkan stamina, menurunkan kolesterol, mencegah keracunan logam berat, dan lain-lain.

Wortel mengandung beta-karoten yang memiliki khasiat sebagai anti oksidan, memerangi radikal bebas, dan juga meningkatkan kesehatan tubuh.

Sambiloto (Andrographis paniculata) 

Khasiat: Dapat digunakan sebagai anti radang, jerawat, hepatitis, kencing manis, bronkhitis, keputihan, demam, influenza, meningkatkan daya tahan tubuh, dan lain-lain.

Pegagan (Centella asiatica Urb.)

Khasiat: Untuk meningkatkan daya ingat, meningkatkan stamina, mengatasi radang kulit, demam, susah tidur, bronkhitis, batuk darah, flek paru-paru, dan lain-lain.

Pegagan mengandung asiaticoside, asiatic acid dan madecassic acid yang mampu mempercepat pembentukan kolagen yang turut berperan dalam proses penyembuhan luka.

Daun dewa (Gynura pseudo-china)

Khasiat: Untuk mengatasi gangguan haid, kista, meningkatkan sirkulasi darah, kolesterol tinggi, hipertensi, mencegah tumor, dan lain-lain.

Kencur (Kaempferia galanga)

Khasiat: Untuk meningkatkan stamina, mengatasi bau mulut, batuk, masuk angin, perut kembung, nyeri haid, dan lain-lain.

Komponen etil-p-metoksisinamat yang terdapat pada minyak atsiri kencur mempunyai efek untuk melindungi kulit.