Menjadi Sehat dan Cantik secara Mudah

 Menjadi Sehat dan Cantik secara Mudah

BIBLIOTIKA - Dengan menggunakan bahan-bahan yang banyak terdapat di lingkungan hidup, kita bisa memanfaatkan kekayaan alam sebagai bahan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari tumbuh-tumbuhan obat yang biasa ada di lingkungan rumah kita.

Bagaimana meningkatkan stamina

30 gram temulawak, ditambah 30 gram kencur, ditambah 10 gram jahe, lalu direbus dengan menggunakan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu ditambahkan madu, dan kemudian diminum.

Bagaimana mengatasi jerawat

Jus daun lidah buaya, ditambah daun sirih, ditambah daun sambiloto, masing-masing dengan ukuran atau takaran secukupnya, kemudian direbus dengan air secukupnya sampai mendidih, disaring, lalu setelah dingin dicampurkan dengan bedak beras dingin dan kemudian digunakan sebagai masker.

Air rebusan tadi juga dapat digunakan untuk membersihkan kulit wajah (sebagai cleansing).

Selain cara di atas, dapat juga digunakan resep berikut: 30 gram temu lawak, ditambah 15 gram sambiloto, direbus dengan menggunakan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu disaring, dan kemudian airnya diminum sebanyak 2 kali dalam sehari.

Bagaimana mengatasi flek hitam

Kentang secukupnya dibersihkan, lalu dikupas dan dihaluskan, kemudian campurkan sedikit ragi, diaduk, lalu digunakan sebagai masker pada kulit wajah yang terdapat flek hitam hingga menjadi kering. Setelah itu dibilas dengan air yang hangat hingga bersih.

Lakukan secara teratur.

Cara mencegah dan menipiskan kerut pada dahi

Daun lidah buaya, diambil bagian dalamnya, kemudian dijus, lalu tambahkan putih telur secukupnya, lalu oleskan seperti memakai masker pada dahi.

Cara melembabkan kulit yang kering

Daging buah alpukat dilumatkan hingga menjadi lembut, lalu tambahkan dengan ½ sendok minyak zaitun, diaduk, lalu gunakan sebagai masker, dan diamkan hingga kering, lalu dibilas hingga bersih.