Kebiasaan Sehat untuk Menghindari Jerawat

Kebiasaan Sehat untuk Menghindari Jerawat

BIBLIOTIKA - Bila Anda berjerawat, cobalah untuk selalu membersihkan wajah Anda setiap pagi dan malam hari dengan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika Anda menggunakan sabun pembersih muka, sebaiknya tetap gunakan toner agar kulit wajah tetap lembab. Selain itu, lakukanlah kebiasaan-kebiasaan sehat berikut ini:

Konsumsilah air putih dan vitamin C. Air akan membantu membersihkan kotoran dari dalam tubuh Anda, sementara vitamin C membantu pembentukan sel kulit baru.

Agar jerawat cepat kering, gunakan masker khusus jerawat.

Obat tetes mata memang dikatakan bisa menghilangkan ruam merah pada jerawat, tetapi tidak bisa menghilangkannya. Untuk mencegah kembalinya jerawat itu, Anda juga harus mengindahkan beberapa pantangan. Misalnya, jangan pergi tidur tanpa membersihkan wajah terlebih dulu. Kulit justru bekerja dengan lebih baik di malam hari saat Anda tidur. Kotoran yang menyumbat pori-pori bisa menghambat regenerasi kulit.

Jangan lupa untuk mengganti sarung bantal Anda secara rutin. Karena kotoran dari rambut biasanya akan melekat pada bantal saat Anda tidur. Bantal yang kotor bisa mengundang bakteri bersarang di dalamnya. Akibatnya jerawat bisa muncul lagi. Selain itu, jangan biarkan ujung-ujung rambut mengenai wajah. Debu yang terdapat di ujung rambut bisa memicu timbulnya jerawat.

Juga jangan gunakan sabun biasa untuk membersihkan wajah. Formulanya bisa membuat wajah menjadi kering dan bahkan bisa menimbulkan iritasi.

Hindari kebiasaan memencet jerawat, karena itu malah akan membuat kotoran dari tangan berpindah ke dalam kulit dan menyebabkan iritasi. Kalau itu terjadi, akibatnya butuh waktu lebih lama untuk sembuh, dan biasanya juga meninggalkan bekas yang sukar hilang.


Mengatasi jerawat dengan bengkoang

Siapkan 2 buah bengkoang segar, 2 buah belimbing wuluh, 1 centimeter kunyit, dan sebatang serai.

Cara membuatnya, belimbing wuluh dan kunyit diparut, diperas, kemudian disaring. Bengkoang diparut, diperas, dan disaring. Diamkan air perasan ini dalam sebuah wadah. Batang serai dimemarkan dan direbus dengan sedikit air. Setelah dingin, air rebusan serai dicampurkan dengan campuran belimbing wuluh dan kunyit. Terakhir, semua bahan ini dicampurkan dengan pati bengkoang yang telah diendapkan sarinya.

Perlu diperhatikan bahwa endapan yang terjadi dari parutan bengkoang tidak terlalu banyak, sehingga larutan yang dicampurkan cukup dua atau tiga sendok teh saja. Simpan sisanya dalam freezer yang dapat digunakan lagi setelahnya. Krim ini dioleskan pada wajah yang berjerawat setiap malam, sebelum tidur. Esok paginya, cukup dibilas dengan air bersih.

Mengatasi jerawat dengan kuning telur

Jerawat adalah problem mendasar yang setiap orang pernah merasakannya. Karena jerawat mengurangi daya tarik wajah, sehingga tak sedikit yang rela bolak-balik ke dokter kulit untuk memeriksakan kulit wajah yang timbul jerawat.

Agar tidak tambah parah, sebaiknya hindari memencet-mencet jerawat, karena bekasnya bisa meninggalkan kerusakan kulit yang permanen.

Untuk itu, silahkan coba atasi problem jerawat Anda dengan mengikuti tips berikut.

Ambil sebuah wadah bersih, lalu masukkan setengah kuning telur, beri 1,5 sendok makan madu, dan aduk hingga rata. Oleskan losion telur dan madu ini ke permukaan wajah yang berjerawat, biarkan selama 30 menit agar meresap, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan sekali sehari sampai wajah terbebas dari jerawat.