Efek Proses Penuaan Pada Rambut dan Tangan

Efek Proses Penuaan Pada Rambut dan Tangan

BIBLIOTIKA - Proses penuaan tidak hanya berpengaruh pada elastisitas kulit saja. Kesehatan rambut pun ikut dipengaruhi. Mau tahu apa saja efek proses penuaan pada rambut?

Tidak hanya rambut yang memutih atau uban saja yang akan terjadi pada rambut kita, ketika proses penuaan terjadi, tetapi juga akan muncul beberapa pengaruh penuaan pada rambut, seperti uraian berikut ini.

Semakin tua seseorang maka penumbuhan rambut semakin melambat. Ukuran folikel rambut atau diameter rambut pun semakin kecil. Tak jarang kita menjumpai, semakin tua seseorang, maka rambutnya semakin tipis.

Saat umur seseorang bertambah, maka kemampuan kulit untuk memproduksi sebum atau cairan alami lewat kulit menjadi berkurang. Hal itu juga mengakibatkan kekeringan pada rambut.

Pada wanita, saat sudah menopause, produksi keratin dalam tubuhnya akan berkurang secara drastis. Keratin adalah zat protein yang bisa membuat rambut kuat dan berkilau alami.

Oleh karena itu para ahli menyarankan untuk menjaga kesehatan rambut sejak dini. Memakai pelembab atau perlindungan anti matahari khusus rambut akan membuat kilau dan kekuatan rambut bertahan secara lebih lama.

Memilih shampo yang tepat juga bisa menjadi pilihan yang baik. Sesekali tak ada salahnya untuk pergi ke salon dan melakukan perawatan ekstra bagi rambut Anda.

Kulit tangan dapat mendeteksi usia

Apakah proses penuaan dini hanya tampak pada wajah? Ternyata tidak. Proses penuaan dini pun sudah dapat terdeteksi dari tangan yang tak terawat.

Tanda-tanda penuaan dapat terlihat pada kulit punggung tangan seseorang. Bukan itu saja, namun Anda bisa menerka usia seseorang hanya dengan melihat tangannya saja.

Pertambahan usia membuat lemak yang berada pada punggung tangan perlahan terkikis.

Hasilnya, telapak serta punggung tangan akan semakin kering dan kendur. Urat-urat di punggung tangan pun akan tampak semakin jelas. Pasalnya, kulit punggung pada tangan termasuk area yang sangat rentan mengalami penuaan dini dengan cepat, karena lebih tipis daripada kulit wajah dan leher. Lapisan lemak di bawah kulit akan membuat punggung tangan tampak keriput, dan urat-urat pun terlihat bertonjolan.

Supaya tangan senantiasa terawat, rajin-rajinlah melindunginya dari paparan sinar matahari. Gunakan tabir surya minimal SPF 15 setiap Anda beraktivitas di luar. Perawatan kulit punggung tangan sebaiknya juga disamakan dengan wajah. Sebab, bila kulit tangan sudah terlanjur keriput, maka susah untuk dikembalikan pada kondisi kulit semula.

Oleskan krim tangan sebagai pelembap sehari-hari. Jika ingin beraktivitas di luar rumah, jangan sampai lupa mengoleskan tabir surya di kulit tangan Anda.