Cara Mudah Mendeteksi Kanker Payudara

 Cara Mudah Mendeteksi Kanker Payudara

BIBLIOTIKA - Untuk pencegahan agar tidak terserang kanker payudara, dianjurkan agar setiap wanita yang berusia 20 tahun ke atas melakukan pemeriksaan pada buah dadanya sendiri. Pemeriksaan dilakukan secara rutin setiap bulannya. Lakukan pemeriksaaan ini setelah haid selesai, pada tanggal yang sama tiap bulannya. Selain itu, konsultasilah ke dokter secara rutin, dan segeralah ke dokter bila menemukan perubahan atau gejala yang tidak normal pada payudara.

Sedangkan cara-cara pendeteksian kanker payudara yang dapat Anda lakukan sendiri adalah sebagai berikut:

Perhatikan dengan teliti payudara Anda di muka cermin. Tanpa berpakaian dengan kedua lengan lurus ke bawah. Perhatikan bila ada benjolan atau perubahan bentuk pada payudara. Amatilah dengan teliti, karena yang paling mengenali tubuh Anda adalah diri Anda sendiri.

Angkatlah kedua lengan lurus ke atas, dan ulangi pemeriksaan seperti di atas.

Dengan kedua siku mengarah ke samping, tekanlah telapak tangan yang satu kuat-kuat pada yang lain. Cara ini akan menegangkan otot-otot dada, dan perubahan-perubahan seperti tekungan dan benjolan akan lebih kelihatan.

Tekanlah pelan-pelan daerah sekitar putting, dan amati apakah keluar cairan yang tidak normal (tidak biasa). Lakukan hal ini pada kedua payudara.

Berbaringlah dengan tangan kanan di bawah kepala. Letakkan bantal kecil di bawah punggung kanan. Rabalah seluruh permukaan payudara kanan dengan gerakan memutar. Perhatikan bila ada benjolan yang mencurigakan. Lakukan secara bergantian. Sedangkan cara merabanya adalah sebagai berikut:

  1. Rabalah dengan tiga ujung jari tengah yang dirapatkan. 
  2. Lakukan gerakan memutar dengan tekanan lembut tetapi mantap. Mulai dari pinggir dengan mengikuti arah putaran jarum jam. 


Cara mengatasi problem stretchmark

Stretchmark adalah salah satu masalah kulit yang biasanya dialami oleh kaum wanita. Yang menjengkelkan, apabila seorang wanita sudah terlanjur mendapatkan stretchmark di kulit (biasanya di daerah sekitar perut dan payudara), maka dapat dikatakan bahwa stretchmark tersebut tidak bisa hilang seratus persen. Namun, jangan dulu berkecil hati. Anda dapat menguranginya dengan beberapa cara berikut ini.

Biasanya, wanita yang mengalami masalah stretchmark ini adalah wanita yang hamil, atau mereka yang mengalami penaikan dan penurunan berat badan secara drastis. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengolesi kulit dengan minyak zaitun. Namun ada sebagian wanita yang juga menggunakan baby oil.

Maksud dari pengolesan ini adalah untuk menjaga elastisitas kulit. Meskipun begitu, hal ini tidak menjamin Anda akan terhindar sepenuhnya dari stratchmark.

Melulur dan memberikan pijatan ringan juga dipercaya dapat mengatasi  stretchmark karena fungsi dari lulur dan pijatan ini adalah untuk melancarkan peredaran darah.

Lalu bagaimana jika sedang hamil? Lakukan lulur atau pijat oleh ahlinya. Beberapa salon terkemuka sudah menyediakan jasa pijat bagi wanita hamil. Ramuan tradisional yang dibalur ke tubuh juga dapat membantu untuk mencegah terjadinya stretchmark. Selain itu, berolahraga juga dapat membantu mencegah terjadinya stretchmark.