Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

BIBLIOTIKA - Meski segala macam merek obat dan pasta gigi telah dicoba, kadang tidak menjamin gigi jadi terawat dengan baik. Daripada buang-buang uang yang tidak jelas manfaatnya, kenapa tidak pakai saja cara alami untuk memutihkan gigi? Mau tahu caranya? Simak tips yang berikut ini.

Untuk memutihkan gigi yang kuning, bisa memakai tempurung kelapa. Caranya, bakarlah tempurung kelapa sampai menjadi abu, lalu campurlah dengan garam dapur yang sudah dihaluskan juga. Gosokkan campuran tadi pada gigi, kemudian berkumur dan setelah itu gosoklah gigi seperti biasa. Untuk hasil yang optimal, cara ini harus rajin dilakukan setiap hari.

Nah, kalau untuk memutihkan gigi yang hitam karena nikotin rokok, buah jeruk nipis bisa jadi pilihan. Caranya, belahlah jeruk nipis menjadi empat, lalu gosokkan pada bagian gigi yang hitam karena nikotin itu. Kalau tidak ada jeruk nipis, bubuk kopi juga bisa dijadikan alternatif. Caranya sama, gosokkan pada bagian gigi yang hitam, baru setelah itu diakhiri dengan berkumur dan menggosok gigi. Untuk hasil yang optimal, cara ini harus rajin dilakukan setiap hari.


Cengkeh untuk mengatasi sakit gigi

Bangsa kita merupakan salah satu penghasil rempah, salah satunya adalah cengkeh. Tanaman tropis yang berasal dari Maluku ini sudah banyak dibudidayakan untuk diambil bunga dan minyaknya.

Minyak cengkeh (eugenia aromatica) dapat dihasilkan dari penyulingan serbuk kuntum cengkeh kering (cleve oil), serbuk tangkai kuntum cengkeh (clove stem oil), dan daun cengkeh kering (clove leaf oil).

Sifat kimiawi dan efek farmakologis dari cengkeh adalah hangat, rasanya tajam, aromatik, berkhasiat sebagai perangsang (stimulan), antiseptik, peluruh kentut (icarminative), anestetik lokal, menghilangkan kolik, dan obat batuk. Kandungan kimia pada cengkeh adalah karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1, lemak, protein, dan eugenol.

Sebagai obat tradisional, cengkeh memiliki khasiat mengatasi sakit gigi, sinusitis, mual dan muntah, kembung, masuk angin, sakit kepala, radang lambung, batuk, terlambat haid, reumatik, campak dan lain-lain.

Untuk mengatasi sakit gigi karena gigi berlubang, sumbatlah gigi yang berlubang itu dengan kapas yang telah ditetesi dengan minyak cengkeh. Atau, ambillah 10 butir cengkeh, kemudian disangrai sampai halus, kemudian masukkan pada gigi yang berlubang, lalu tutuplah dengan kapas. Lakukan hal ini dua kali sehari, dan sakit gigi Anda pun akan segera pergi.