Cara Membuat Masker Sendiri untuk Perawatan Wajah

Cara Membuat Masker Sendiri untuk Perawatan Wajah

BIBLIOTIKA - Kalau Anda berminat untuk membuat masker sendiri untuk perawatan sehari-hari, berikut ini adalah resep-resep yang dapat diikuti. Cara berikut ini sangat mudah dan murah sekaligus praktis.

Masker mengkudu

Kupaslah satu buah mengkudu, lalu hancurkan. Campur dengan 1 sampai 2 sendok makan madu dan 1 sendok makan putih telur. Aduk-aduk sampai rata, kemudian oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit hingga masker mengering dan kulit terasa kencang. Setelah itu bersihkan wajah dengan air hangat yang dilanjutkan dengan air dingin.

Lakukan hal ini 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Tidak dianjurkan untuk mereka yang berkulit cenderung kering.

Masker tomat dan putih telur

Hancurkan satu buah tomat, lalu tambahkan 1 sendok makan putih telur. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 sampai 30 menit. Setelah itu cucilah wajah sampai bersih. Lakukan setiap minggu untuk mendapatkan kulit wajah yang halus.

Lakukan hal ini 1 sampai 2 kali dalam seminggu.

Masker jeruk nipis

Cuci sampai bersih satu buah jeruk nipis, lalu diiris. Ambillah airnya untuk diminum. Gosokkan kulit bagian dalam jeruk nipis tadi ke wajah yang sudah bersih. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

Perawatan ini baik digunakan untuk mengontrol minyak yang berlebih pada wajah.

Masker bengkoang

Kupaslah satu buah bengkoang (yang berukuran kecil atau sedang) lalu diparut. Setelah itu oleskan ke wajah dan diamkan selama sekitar 20 menit. Kemudian bersihkan dengan air.

Lakukan hal ini satu kali dalam seminggu. Perawatan ini baik untuk mereka yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan.


Cara membersihkan wajah secara benar

Banyak orang mengeluh; mereka sudah membersihkan wajah secara benar sesuai anjuran dan saran kecantikan, tapi tetap saja di wajahnya muncul jerawat, kusam dan juga menghadapi masalah-masalah kecantikan lainnya. Nah, berikut ini adalah cara membersihkan wajah yang benar:

Bersihkanlah wajah sebelum memoleskan make-up atau sesudah berpergian.

Lakukanlah, paling tidak dua kali dalam sehari.

Bersihkanlah wajah Anda setelah mandi dan atau setelah keramas.

Kebiasaan yang salah adalah biasanya membersihkan wajah sebelum mandi. Mengapa? Karena kemungkinan besar ada sabun, shampo, conditioner, bahkan toner rambut yang akan mengenai wajah Anda. Bahan-bahan kimia tersebut, meski tak terasa, akan bisa mempengaruhi kesehatan wajah. Akibatnya, meskipun Anda sudah membersihkan wajah, tetapi problem wajah seperti jerawat tetap saja muncul.