Aneka Tips Alami untuk Mengatasi Jerawat

Aneka Tips Alami untuk Mengatasi Jerawat

BIBLIOTIKA - Anda bisa mengatasi dan mengobati jerawat dengan resep-resep alami yang telah banyak digunakan orang sejak jaman dulu. Berikut ini resep-resep yang dianjurkan, yang dapat Anda pilih salah satunya yang paling cocok untuk Anda.

Mengatasi jerawat dengan ragi tapai dan ketimun 

Kulit yang berminyak bisanya mudah dihinggapi jerawat. Untuk mengatasinya, coba saja tips praktis berikut ini.

Bersihkanlah wajah dengan air hangat, ambil ragi tapai yang sudah tua, beri air hingga mengental seperti cleansing. Gunakan adonan tersebut untuk masker wajah. Biarkan sekitar 10 menit, lalu bersihkan dengan air hangat dan bilaslah dengan air es atau air biasa (air adem). Pakailah resep ini selama 3 hingga 10 hari berturut-turut sampai sembuh.

Selain cara di atas, Anda juga dapat menggunakan ketimun. Caranya, kupaslah ketimun, lalu kulit ketimun tersebut digiling sampai halus. Nah, oleskan kulit ketimun yang telah halus tersebut pada bagian muka yang ditumbuhi jerawat. Lakukan secara teratur, dan wajah pun tidak akan ditumbuhi jerawat lagi.

Mengatasi jerawat dengan rumput teki dan asam jawa

Jerawat memang jadi momok bagi setiap orang, terutama kaum wanita. Tapi mulai sekarang, Anda tak perlu khawatir lagi karena ada tips yang bisa Anda lakukan untuk mengusir jerawat dari wajah Anda.

Pertama, jika jerawat Anda bandel, atau sejenis jerawat batu, kecil tapi susah hilang, segera ambil rumput teki, ambil umbinya, kurang lebih segenggaman. Bersihkan umbinya dari akar-akar yang kasar itu, juga buang kulit luarnya, meski tak usah terlalu bersih, kemudian rebus. Setelah itu, jemurlah umbi itu sampai kering betul.

Kemudian tumbuklah umbi teki itu sampai menjadi tepung, dan jadikan bahan dasar untuk membuat bedak. Atau, Anda boleh menjadikannya sebagai masker bersama bedak yang lain.

Kedua, jika jerawat Anda sangat parah, sampai bernanah dan berminyak, segera cari daun asam Jawa muda, ambil dua genggaman, lalu lumatkan sampai menyerupai bubur. Peraskan sedikit jeruk nipis di atas bubur daun asam Jawa muda itu, lalu aduk sampai merata. Kemudian lumurkan ke wajah Anda sebagai masker. Lakukan sebelum tidur, dan pakailah masker itu selama tidur.

Jika kedua cara itu Anda lakukan dengan teratur selama seminggu saja, jerawat Anda pun akan segera hilang dan wajah Anda akan bersih, berseri dan halus mulus lagi.

Mengatasi jerawat dengan kunyit 

Kunyit dapat mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah mengusir jerawat yang biasa mangkal di wajah. Caranya? Gampang, ikuti saja tips berikut.

Pertama, ambil kunyit putih. Kupas, lalu cuci sampai bersih. Tidak dikupas juga tidak apa-apa, asal yang penting dicuci.

Setelah dicuci, keringkan kunyit sampai tidak ada air yang menempel. Keringkan sampai betul-betul kering, lalu parut sampai halus. Nah, parutan kunyit ini kemudian dibubuhkan ke bagian wajah yang berjerawat. Biarkan hingga 1 atau 2 jam. Sesudah dirasa cukup, lepaskan kunyit, dan cucilah wajah dengan air bersih.

Lakukan cara ini sampai jerawat betul-betul hilang dari wajah. Tapi ingat, cara ini hanya pas dilakukan untuk kulit yang benar-benar cocok dengan kunyit. Karena memang zat yang terkandung dalam kunyit lumayan keras.

Mengatasi jerawat dengan air cucian beras

Masa pubertas memang banyak memunculkan masalah. Salah satunya yang sering dialami oleh para remaja adalah munculnya bintik-bintik jerawat di wajah. Karena jerawat inilah kadang penampilan jadi tidak percaya diri lagi, bahkan sampai ada yang malu ketemu orang lain hanya karena jerawat.

Selain itu, memang agak susah mengobati jerawat, belum lagi bekas-bekas bopeng yang ditinggalkan jerawat setelah sembuh.

Untuk mengatasi hal itu, ada cara yang mudah dilakukan dan terbukti manjur untuk mengusir jerawat. Caranya, ambil saja 1 gelas air bekas cucian pertama beras yang masih kental. Kemudian embunkan selama semalam agar mengendap. Keesokan harinya, sebelum mandi atau cuci muka, gunakan endapan air tersebut sebagai masker. Balurkan secara merata ke seluruh wajah, terutama yang bopeng dan berjerawat. Gunakan setiap pagi dan sore secara teratur. Dalam waktu seminggu, pasti segera tampak hasilnya.

Mengatasi jerawat dengan bedak jerawat

Bila Anda ingin membuat bedak untuk mengatasi jerawat, silakan ikuti tips yang berikut.

Ambillah 2 ruas temugiring, 2 ruas kunyit putih (temu mangga), 1 butir jebuk sari (pinang) dan 1 buah kulit jeruk purut.

Cara membuatnya, kupas semua bahan dan cuci hingga bersih. Lalu, tumbuklah semua bahan itu hingga halus. Olah atau buatlah ramuan tersebut menjadi beberapa butir, dan jemur hingga benar-benar kering.

Nah, cara penggunaannya adalah dengan mengambil 1 butir ramuan tersebut untuk bedak jerawat. Beri sedikit air dan usapkan ke wajah. Biarkan beberapa saat hingga kering, kemudian cuci wajah Anda dengan air hangat.

Temugiring dalam ramuan ini berguna untuk menghaluskan kulit, sedangkan kunyit sering dipakai sebagai bahan kosmetik. Jebuk sari berkhasiat sebagai antikuman, dan kulit jeruk purut berfungsi untuk membersihkan kulit.