Yang Perlu Disiapkan untuk Bisnis Lewat Blog (2)

 Yang Perlu Disiapkan untuk Bisnis Lewat Blog

BIBLIOTIKA - Di sebuah web, biasanya terdapat menu-menu tertentu yang akan membawa orang kepada halaman-halaman berbeda dari tiap menu yang ada. Nah, Anda dapat memanfaatkan menu-menu ini untuk menawarkan aneka barang yang mungkin berbeda, sehingga cara penawaran Anda menjadi lebih spesifik. Selain itu, agar keberadaan menu-menu ini dapat menarik pengunjung untuk membukanya, maka usahakan untuk membuat nama-nama menu yang sekiranya menarik perhatian.

Tetapi, pembuatan nama menu yang diupayakan agar menarik ini juga tidak perlu yang ‘aneh-aneh’. Misalnya untuk menu ‘Home’. Hampir semua pengguna internet di seluruh dunia tahu kalau menu ‘Home’ ini akan membawa mereka ke halaman muka atau halaman depan. Karenanya, tidak perlu menu ‘Home’ itu diganti dengan nama lain.

Selain itu, nama menu yang ada sebaiknya benar-benar sesuai dan mencerminkan isinya. Jangan jadikan nama menu yang mungkin berbeda ini justru malah menyulitkan dan membingungkan pengunjung nantinya. Intinya, jadilah kreatif.

Lakukan review secara objektif

Ketika kita membuat atau menciptakan sesuatu, biasanya kita memiliki ikatan emosi yang sangat kuat atau sangat besar dengan hal atau sesuatu yang kita cipakan itu. Hal ini biasanya menjadikan kita menjadi kurang objektif dalam menilai.

Karenanya, sebelum Anda meluncurkan web bisnis Anda di internet, ada baiknya kalau Anda melakukan review terlebih dulu secara objektif terhadap web Anda, agar setidaknya Anda bisa menilai mana kelebihan dan mana kekurangannya.

Cara untuk melakukan hal ini adalah dengan mencoba melihat isi web ini dengan pikiran sebagai seorang pengunjung. Bayangkanlah diri Anda adalah seorang pengunjung yang baru pertama kali mengenal web bisnis tersebut. Lihat dan bacalah isinya, apakah isi web tersebut memang telah sesuai dengan apa yang diinginkan oleh kebanyakan pengunjung internet?

Kebanyakan pengunjung internet mau menghabiskan banyak waktu mengunjungi situs-situs di internet karena menginginkan untuk memperoleh informasi yang berguna.

Nah, apakah hal tersebut (informasi yang berguna) telah cukup Anda berikan di web itu? Jika jawabannya adalah ya, dan itu objektif, maka Anda bisa mulai meluncurkan web bisnis Anda. Namun jika jawabannya tidak atau cukup meragukan, maka itu berarti Anda perlu memperbaiki lagi isi web Anda.

Mintalah pendapat orang lain untuk menilai

Sebagaimana yang disebutkan di atas, sering kali kita menjadi kurang objektif ketika harus menilai sesuatu yang dibuat oleh diri kita sendiri. Karenanya, kalau Anda merasa ragu dengan penilaian Anda, ada baiknya kalau Anda meminta orang lain (baik yang dikenal ataupun yang tidak dikenal) untuk melihat dan menilai isi serta tampilan web Anda.

Dengan menggunakan mata orang lain, maka setidaknya penilaian yang akan diberikan pun relatif akan lebih objektif dibanding kalau kita menggunakan mata dan penilaian diri kita sendiri.

Selain itu, bisa saja orang yang Anda minta untuk menilai itu memahami internet seara lebih baik dan lebih detail dalam melihat keseluruhan isi web Anda. Dari situ, bisa saja dia menemukan hal-hal tertentu yang masih perlu diperbaiki, yang sebelumnya tidak Anda lihat. Ini tentu saja akan bermanfaat untuk perbaikan web Anda secara maksimal.

Gunakan gambar atau foto yang sesuai dan mendukung

Penggunaan gambar atau foto-foto bukan hanya akan menjelaskan secara lebih baik barang apa yang ingin Anda jual atau tawarkan kepada pengunjung, tetapi juga akan menjadikan tampilan web Anda menjadi lebih baik dan lebih artistik, selain juga tidak akan membuat mata lelah karena penuh sesaknya tulisan.

Hanya saja, penggunaan dan penempatan gambar atau foto ini perlu diusahakan setepat mungkin dengan isi tulisannya. Kalau misalnya Anda menawarkan sebuah buku, maka gunakanlah gambar atau foto dari buku yang ditawarkan tersebut, dan bukan menggunakan buku lain.

Atau, kalau misalnya Anda menawarkan sesuatu yang berhubungan dengan informasi tertentu, hindari penggunaan gambar atau foto-foto yang vulgar. Gambar atau foto yang vulgar mungkin akan membuat orang tertarik untuk melihat, namun itu akan menurunkan citra sekaligus kredibilitas Anda dan bisnis Anda.

Lakukan tes dan percobaan untuk semua formulir

Di dalam web bisnis, formulir adalah sesuatu yang bisa dibilang wajib ada, karena orang nantinya akan mengisi formulir ketika akan melakukan pembelian atas suatu barang yang Anda tawarkan di internet. Nah, agar hal penting yang satu ini tidak menjadi kacau nantinya, maka sebaiknya lakukanlah tes dan percobaan terlebih dulu atas formulir-formulir ini, dan lihat apakah hasilnya memang sudah sesuai dengan yang Anda harapkan.

Lakukan tes pada formulir pemesanan, formulir pertanyaan ataupun formulir-formulir lainnya jika ada. Apabila semuanya sudah beres dan sesuai dengan yang Anda inginkan, maka Anda pun sudah dapat untuk memulai meluncurkan bisnis online Anda di internet. Selamat!