Yang Perlu Disiapkan untuk Bisnis Lewat Blog (1)

Yang Perlu Disiapkan untuk Bisnis Lewat Blog

BIBLIOTIKA - Apakah Anda merasa tertarik dengan suatu bisnis online di internet, dan kemudian kini sudah merancang sebuah halaman bisnis di blog Anda, yang ingin segera Anda luncurkan agar segera online di internet? Itu adalah langkah yang bagus, karena setidaknya Anda telah berani untuk memulai sesuatu hal yang perlu Anda lakukan untuk dapat memiliki sebuah bisnis online di internet.

Nah, agar langkah bagus yang Anda tempuh itu benar-benar menghasilkan efek yang sama bagusnya, yakni banyaknya pengunjung yang datang ke blog bisnis Anda untuk kemudian mengadakan transaksi bisnis dengan Anda, maka beberapa hal berikut ini perlu dijadikan pertimbangan.

Lakukan cek terhadap semua link

Ketika membangun sebuah web untuk bisnis, Anda pastinya menyiapkan beberapa link di dalam web tersebut untuk menghubungkan pengunjung web dengan hal-hal yang ingin Anda tunjukkan. Misalnya, ada link yang akan membawa pengunjung kepada profil diri Anda, ada link untuk pemesanan barang, ada pula link untuk pertanyaan produk, bahkan ada juga link yang akan membawa pengunjung ke web lain, entah milik Anda sendiri atau juga web milik rekan Anda.

Nah, sebelum web bisnis Anda aktif di internet, ada baiknya kalau Anda melakukan tes terlebih dulu pada link-link tersebut untuk melihat apakah semua link yang ada itu telah benar-benar beres ataukah masih ada yang eror dan perlu diperbaiki atau perlu dibenahi lagi. Jangan sampai pengunjung nantinya menjadi bingung karena dibawa oleh link yang ternyata ‘salah alamat’ karena keteledoran dalam memasang link yang tidak sesuai dengan yang Anda maksudkan.

Selain itu, kalau Anda memang menyiapkan suatu link tertentu yang akan membawa pengunjung ke web lain, sebaiknya gunakan new window atau jendela web baru, agar pengunjung tidak menjadi bingung. Hal semacam ini biasanya terjadi pada para pengguna internet pemula yang bisa-bisa merasa bingung karena web yang dikunjunginya tiba-tiba ‘hilang’ dan berganti dengan web yang lain.

Lakukan pengecekan atas ejaan dan tata bahasa di web

Melakukan penawaran bisnis di internet melalui web tidak hanya menggunakan foto-foto atau gambar-gambar tertentu saja, melainkan juga menggunakan kata-kata. Bahkan, kata-kata ini bisa dibilang sebagai semacam sarana paling penting di web bisnis, karena kata-kata inilah yang akan memperkenalkan bisnis Anda kepada pengunjung secara detail.

Karenanya, ejaan dan tata bahasa yang baik dan benar bukan hanya akan membuat pengunjung merasa nyaman saat membacanya, tetapi juga akan mampu menjelaskan bisnis Anda kepada pengunjung.

Ketika pengunjung datang ke web Anda dan kemudian mendapati tata bahasa dan kata-kata yang kacau, banyak terjadi salah pengetikan, bisa jadi pengunjung merasa tidak nyaman saat membacanya, bahkan bisa jadi pula mereka akan menilai Anda berbisnis secara asal-asalan, tidak profesional, dan tentu saja mereka tidak akan memperoleh keyakinan ketika ingin berbisnis dengan Anda.

Karenanya, sebelum web bisnis Anda aktif di internet untuk dinikmati oleh pengunjung, maka sebaiknya lakukan cek terlebih dulu pada semua kata yang telah Anda tulis di web tersebut. Yakinkan diri Anda terlebih dulu bahwa kata-kata yang Anda tulis itu telah benar, tidak terdapat kesalahan, juga telah mampu memperkenalkan bisnis Anda dengan baik kepada calon pelanggannya.

Lihat dan pastikan judul halaman web bisnis Anda

Cobalah terlebih dulu dengan menggunakan browser untuk melihat apakah judul halaman web Anda sudah muncul dengan baik dan benar ataukah belum. Pengaruh judul ini sangat penting artinya, karena search engine akan memunculkan halaman web Anda apabila hasil pencarian memang sesuai dengan judul halaman web Anda.

Ada kalanya sebuah judul halaman tidak muncul di halaman web. Ini akan membuat Anda kehilangan prospek yang baik, yang bisa saja dapat Anda peroleh kalau saja judul web tersebut terdeteksi oleh search engine. Karena, bisa saja seseorang tidak mengenal web bisnis Anda. Tetapi dia membutuhkan suatu data atau informasi tertentu dan kemudian menggunakan search engine di internet untuk memperoleh data atau informasi itu. Nah, kebetulan data atau informasi yang dicarinya itu sesuai dengan isi web Anda.

Dari situ, kalau judul di web Anda terdeteksi oleh search engine, maka orang tadi pun akan dibawa kepada web Anda, dan bisa jadi dia akan menjadi pelanggan Anda. Tetapi jika judul web Anda tidak terdeteksi oleh search engine, maka bisa saja web Anda tidak ditemukan oleh orang tadi, bahkan seumpama dia sebenarnya sangat butuh informasi atau barang yang ada di web Anda.

Baca lanjutannya: Yang Perlu Disiapkan untuk Bisnis Lewat Blog (2)