Tips Mempopulerkan Blog untuk Pemula

  Tips Mempopulerkan Blog untuk Pemula

BIBLIOTIKA - Bagi blogger pemula, memiliki blog yang terkenal pastilah merupakan impian yang terindah. Tetapi, sayangnya, untuk mencapai impian semacam itu dibutuhkan kerja keras dan keseriusan yang tinggi, sehingga tidak jarang blogger pemula berhenti di tengah jalan, karena merasa kesulitan untuk dapat terus melanjutkan blognya untuk mencapai impiannya.

Memiliki blog yang terkenal dan memiliki banyak pengunjung memang bukan urusan yang mudah, khususnya bagi blogger pemula. Jangankan yang masih pemula, yang sudah lama malang melintang di dunia blog pun kadang masih kesulitan untuk menjadikan blognya benar-benar disukai dan banyak dikunjungi.

Karenanya, jika Anda masih pemula dalam aktivitas nge-blog, jangan patah semangat dulu ketika Anda merasa blog Anda belum juga populer padahal Anda sudah mati-matian menggarap dan memperbaiki blog Anda.

Berikut ini beberapa tips yang ditujukan untuk blogger pemula. Tips-tips berikut ini cukup mudah, karena memang ditujukan untuk pemula, namun tips-tips berikut ini akan membantu Anda untuk mempopulerkan blog yang Anda miliki.

Ulet dan sabar

Hanya sedikit sekali blog yang baru muncul dan kemudian langsung terkenal. Yang biasanya terjadi, suatu blog membutuhkan waktu lama, bahkan sampai bertahun-tahun dulu, untuk kemudian dapat menjadi blog yang terkenal dan dikunjungi banyak orang.

Karenanya, jika blog Anda sudah jalan beberapa bulan, atau sampai satu tahun, dan tetap saja blog Anda belum menjadi blog terkenal sesuai harapan Anda, sabar saja. Yang penting Anda lakukan adalah terus mengisi blog Anda content-content yang bermanfaat, sehingga cepat atau lambat pengunjung akan datang dan semakin banyak.

Berikan sesuatu yang gratis

Ini cara mudah yang biasanya akan langsung menarik pengunjung dalam jumlah yang banyak, dan cara ini memang banyak dilakukan oleh penggiat blog, baik yang masih pemula ataupun yang sudah lama aktif di dunia blog.

Sesuatu yang gratis yang dapat diberikan itu bisa berupa theme blog, e-book, freeware atau lainnya, yang bisa di-download di blog Anda. Orang selalu menyukai hal-hal yang gratis semacam itu. Karenanya, jika Anda rajin memberikan hal-hal semacam itu, cepat atau lambat pengunjung blog Anda pun akan terus bertambah.

Menulis di blog populer 

Ini cara mudah lain yang bisa Anda lakukan ketika blog Anda masih baru di dunia maya, dan ingin cepat terkenal. Jika Anda bergabung dengan web blog yang sudah terkenal, dan Anda rajin menulis di sana, Anda akan cepat dikenal orang, karena web blog itu pasti sudah memiliki banyak pembaca dan pengunjung.

Karenanya, Anda bisa memperkenalkan blog Anda melalui tulisan Anda di blog terkenal itu, dengan melalui link yang terhubung dengan blog Anda. Tetapi, intinya di sini, posting Anda di blog Anda harus benar-benar bagus, agar ketika mereka mengunjungi blog Anda, mereka tidak akan kecewa, sehingga akan terus datang mengunjungi blog Anda.

Pelajari artikel yang paling menarik minat pengunjung

Hal ini bisa Anda lakukan dengan melihat kolom komentar. Biasanya, artikel yang memiliki komentar paling banyak adalah artikel yang paling disukai atau diminati pengunjung blog Anda. Nah, Anda bisa belajar dari situ, dengan membuat artikel-artikel lain yang serupa itu, agar pengunjung blog Anda kembali menyukainya.

Rajin-rajin melakukan blogwalking 

Dengan mengunjungi blog-blog lain, Anda bisa belajar mengenai isi blog mereka, dan melihat dimana kelebihan blog-blog tersebut sehingga disukai para pengunjung. Selain itu, tinggalkan komentar untuk blog-blog yang Anda kunjungi, sehingga pengunjung lain di sana mulai mengenal Anda dan tertarik untuk mengunjungi blog Anda melalui link yang ada di komentar Anda.