Tips Membersihkan Sofa dan Karpet

Tips Membersihkan Sofa dan Karpet

BIBLIOTIKA - Kalau di rumah Anda memelihara hewan peliharaan semisal kucing, maka Anda pun tentunya suka bermain-main dengan kucing kesayangan Anda di sofa. Yang kadang mengesalkan, usai bermain-main dengan hewan kesayangan itu, Anda mendapati sofa Anda dikotori oleh bulu-bulu binatang yang sulit dibersihkan.

Jika Anda memiliki vacuum cleaner, maka tentunya hal semacam itu akan dapat diselesaikan dengan vacuum cleaner. Lalu bagaimana kalau Anda tidak memiliki vacuum cleaner? Tidak perlu khawatir. Gunakan saja tips berikut.

Siapkan isolasi atau lakban, lalu potonglah sepanjang kira-kira 15 centimeter. Setelah itu, lekatkan isolasi atau lakban pada bagian yang akan dibersihkan, rekatkan, lalu tarik atau angkat (lepaskan lagi). Maka bulu-bulu binatang yang menempel pada sofa itu pun akan tertempel pada isolasi atau lakban. Ulangi langkah ini sampai sofa Anda benar-benar bersih.


Tips membersihkan sofa dari debu

Karena setiap hari digunakan untuk duduk, maka sofa pun jadi rentan kotor dan kusam. Kalau sudah begitu, duduk di sofa jadi terasa kurang nyaman lagi. Untuk membersihkan sofa, Anda bisa menggunakan tips berikut ini.

Siapkan larutan detergen, lalu campurkan dengan air hingga berbusa banyak. Lalu sikatlah bagian yang kotor itu dengan menggunakan sikat yang halus bersama detergen tadi. Setelah itu keringkan dengan menggunakan hair dryer. Nah, kotoran yang melekat pada sofa pun dengan mudah akan terangkat, dan sofa kembali bersih.


Tips membersihkan sofa dari noda es krim

Anak-anak Anda mungkin asyik menonton televisi sambil duduk di sofa, sambil menikmati es krim. Saking nikmatnya, leleran es krim jatuh ke sofa dan menodai sofa Anda. Tidak perlu panik, Anda bisa menggunakan tips berikut ini untuk mengatasinya.

Ambil saja sikat gigi bekas, basahi dengan air, lalu oleskan sedikit sabun mandi pada sikat tersebut. Setelah itu, sikatlah sofa yang terkena noda secara perlahan-lahan sampai nodanya hilang. Setelah bersih, segera keringkan dengan menggunakan lap bersih.


Tips mengatasi tumpahan minuman pada karpet

Karena letaknya di bawah, maka karpet sangat rentan terkena tumpahan makanan atau minuman. Jika makanan atau minuman yang tumpah tersebut tidak meninggalkan noda memang tidak masalah. Yang kadang jadi masalah adalah jika minuman yang tumpah itu meninggalkan noda, sehingga tampilan karpet tidak cantik lagi. Lebih repot lagi kalau karpet itu telah menempel permanen dengan lantai. Nah, untuk mengatasi hal semacam itu, gunakan saja tips berikut ini.

Hisaplah sebanyak mungkin tumpahan minuman tersebut, dengan menggunakan lap yang kering.

Masukkan satu sendok makan amoniak dan 150 cc air ke dalam botol penyemprot, lalu semprotkan ke bagian karpet yang ternoda sampai terlihat basah, tetapi usahakan agar jangan sampai tembus ke bawah.

Tuangkan sabun cuci air yang telah diencerkan, kemudian gosok perlahan dengan gerakan memutar. Terakhir, bilas dengan air bersih secukupnya, kemudian keringkan dengan cara menekan-nekan lap kering ke bagian yang basah.