Tips Membersihkan Kolam Ikan dan Akuarium

 Tips Membersihkan Kolam Ikan dan Akuarium

BIBLIOTIKA - Kolam ikan biasa digunakan sebagai pemanis taman atau halaman rumah. Jika Anda memiliki kolam ikan di sekitar rumah, Anda pasti tahu bahwa kolam ini sangat mudah kotor hingga airnya menjadi tidak jernih lagi. Hal ini wajar saja, karena kolam ikan yang terbuka di udara yang sama terbukanya sangat rentan dimasuki debu, kotoran, atau hal-hal lain yang menyebabkan airnya cepat kusam.

Untuk menjaga agar air kolam Anda tidak cepat kotor dan senantiasa jernih, ada cara mudah yang dapat Anda lakukan, yakni dengan meletakkan batu-batu zeloit ke dalamnya.

Batu zeloit adalah batu yang biasa digunakan untuk kolam renang. Selain bisa dijadikan sebagai penghias kolam, batu zeloit juga dapat menarik partikel kotoran dari dalam air kolam, sehingga air kolam Anda pun selalu terjaga kejernihannya.


Tips agar akuarium tidak cepat kotor

Akuarium tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk memelihara ikan hias, tetapi juga berfungsi untuk memperindah ruangan di rumah. Karena itulah, kita pun selalu menjaga agar air dalam akuarium selalu jernih agar sedap dipandang. Namun, seperti yang juga kita tahu, air akuarium sering kali cepat kotor, entah karena pergerakan ikan-ikan di dalamnya, atau juga karena pengaruh debu.

Nah, untuk mengatasi hal semacam itu, dan agar air dalam akuarium Anda senantiasa jernih serta tidak cepat kotor, gunakan saja tips berikut ini.

Masukkanlah sepotong arang yang berukuran sedang ke dalam akuarium (ukuran arang bisa disesuaikan dengan besarnya akuarium). Dengan cara ini, maka air dalam akuarium akan lebih terjaga kebersihannya, karena arang itu akan berfungsi menyerap kotoran yang ada di dalamnya.

Cara lain adalah dengan menanam tanaman srirejeki pada akuarium tersebut. Tanaman ini dapat hidup dalam air, dan dapat membantu sirkulasi air, serta memperindah tampilan akuarium Anda.


Kiat murah memperindah ikan arwana

Ikan arwana biasa dipelihara di dalam akuarium sebagai ikan hias. Banyak rumah yang memelihara ikan ini, karena arwana memang elok untuk dipandang. Ikan yang spesial ini memiliki sisik-sisik yang besar, dan dapat memperlihatkan warna putih yang kekuning-kuningan atau merah kuning.

Selama ini, orang menggunakan ulat kuning atau ulat Hongkong sebagai makanan ikan arwana dengan tujuan agar sisik-sisik ikan arwana biasa bercahaya. Hanya saja, ulat khusus untuk pakan ini harganya tergolong mahal.

Jika Anda ingin ikan arwana Anda bisa bersisik indah dengan biaya murah, berikan saja serangga kecil semisal jangkrik atau laron kepada ikan arwana Anda setiap hari. Hasilnya sama saja, ikan arwana Anda akan menampilkan sisik-sisik indahnya.