Tips Blogging: Soal Respons Pembaca dan Menjadi Blogger Tamu

 Tips Blogging: Soal Respons Pembaca dan Menjadi Blogger Tamu

BIBLIOTIKA - Kebanyakan blog menyediakan ruang untuk komentar bagi para pengunjungnya, sehingga pengunjung dapat menuliskan kesan atau pendapatnya atas suatu posting yang baru saja dibacanya. Selain itu, melalui kolom komentar ini pulalah biasanya terjalin hubungan antara blogger dengan para pembacanya, sekaligus pembaca dengan pembaca lainnya.

Nah, kebanyakan orang suka jika komentarnya segera dibalas atau direspon oleh pemilik blog, sehingga timbul kesan bahwa si pemilik benar-benar memperhatikan komentar yang masuk. Karenanya, jika Anda menyediakan kolom komentar dalam blog Anda, segeralah beri respon atau balasan dan jawaban sekadarnya untuk komentar tersebut, untuk menunjukkan bahwa Anda benar-benar peduli pada para pembaca Anda.

Selain itu, jika Anda tidak menyediakan kolom komentar, maka para pengunjung biasanya akan mengirim email, khususnya jika memang sangat butuh menanyakan sesuatu kepada Anda. Email ini pun seharusnya dibalas atau direspon segera, agar timbul kesan bahwa Anda memang mempedulikan pembaca Anda.

Jika Anda termasuk blogger yang interaktif, dalam arti cepat merespon komentar dan email yang masuk dari pembaca, maka pembaca akan memberikan nilai yang positif untuk Anda dan blog Anda, dan mereka pun tidak akan keberatan untuk memberikan link ke blog Anda.

Tulis posting untuk blog lain

Jika Anda memiliki kawan yang sesama blogger, dan kawan tersebut membuka kesempatan bagi Anda untuk menulis di blognya, jangan ragu-ragu untuk memanfaatkan kesempatan itu. Banyak blog yang memang terbuka memberikan kesempatan kepada orang lain (baik blogger maupun bukan blogger) untuk menyumbangkan tulisan (posting) di blog tersebut.

Nah, jika Anda seorang blogger, dan Anda mendapatkan tawaran untuk menulis post di blog lain, segera penuhi permintaan atau tawaran tersebut. Tuliskan sebuah post untuk blog tersebut, kemudian cari post lain di blog Anda yang relevan dengan post tersebut. Kemudian, berikan link ke post yang ada di blog Anda dari post yang akan dimuat di blog lain. Dengan cara ini, maka akan ada link yang menuju ke blog Anda dari posting tersebut.

Semakin banyak Anda membuat posting untuk blog lain dengan cara di atas, maka akan semakin banyak pula link yang akan menuju ke blog Anda. Karenanya, jika memungkinkan, Anda bisa menawarkan untuk menulis posting di blog lain, tanpa harus menunggu blog tersebut menawarkannya terlebih dulu kepada Anda.