Tips Blogging: Seputar Kerjasama Dengan Sesama Blogger

 Tips Blogging: Seputar Kerjasama Dengan Sesama Blogger

BIBLIOTIKA - Tukar link antar blogger akan lebih efektif dalam hal mendatangkan traffic jika link Anda ada di blog yang tergolong besar atau terkenal. Karenanya, Anda bisa mengusahakan hal ini dengan cara membangun hubungan  dengan blog yang besar tersebut, sehingga blog itu tidak akan keberatan untuk memberikan link ke blog Anda.

Selain itu, pastikan Anda memberikan link terlebih dulu untuk blog mereka, sebelum Anda meminta mereka memberikan link ke blog Anda.

Dengan adanya link di blog lain, Anda tidak hanya akan mendapatkan limpahan traffic, tetapi juga akan menaikkan page rank blog Anda. Karenanya, semakin banyak Anda melakukan tukar link dengan blog lain, maka semakin tinggi pula page rank blog Anda.

Jalin kerjasama dengan blogger lain

Meninggalkan komentar di blog lain dan mendapatkan link dari blog lain saja tidak cukup. Untuk mendapatkan limpahan traffic yang cukup besar ke blog Anda, ada cara lain yang bisa Anda lakukan, yakni dengan membangun kerjasama dengan blog-blog lain, khususnya yang isi blognya berhubungan dengan isi blog Anda.

Ketika Anda menemukan blog yang isinya berhubungan dengan blog Anda, jalinlah hubungan dengan pemilik blog tersebut. Caranya cukup mudah. Anda bisa meninggalkan komentar di blognya, menanyakan sesuatu atas isi suatu postingnya, dan kemudian memberikan tanggapan untuknya.

Selain itu, Anda bisa memberikan link ke postingnya ketika Anda menulis post di blog Anda, karena isi posting dari blognya maupun blog Anda memang saling berhubungan. Dengan cara ini, maka akan terjadi hubungan dan komunikasi. Pada akhirnya, blogger lain itu pun akan melakukan hal yang sama, yakni memberikan link untuk posting Anda ketika dia menulis post untuk blognya.

Lakukan link ke posting blog lain

Ini tak jauh beda dengan yang di atas, hanya saja lebih simpel. Ketika Anda menulis sebuah post di blog Anda, dan kemudian Anda memberikan link ke posting di blog lain, maka hal itu akan menciptakan trackback, atau pingback. Dan jika blog lain yang Anda link tersebut memiliki trackback yang diaktifkan, maka Anda akan menerima sebuah linkback, yang biasanya terdapat di bagian komentar pada posting tempat Anda menaruh link.

Karenanya, semakin banyak hal tersebut terjadi, maka secara otomatis link ke blog Anda pun akan semakin banyak pula.