Tips Blogging: Posting, Editing, dan Desain

Tips Blogging: Posting, Editing, dan Desain

BIBLIOTIKA - Setiap web atau blog pasti menginginkan traffic atau tingkat kunjungan yang tinggi, karena dari traffic inilah sebuah blog akan diperhitungkan sebagai blog ‘hebat’ dalam blogsphere, serta akan mendapatkan ranking yang bagus dalam mesin pencari.

Karena tujuan untuk dapat meningkatkan traffic itu pulalah banyak orang yang kemudian tekun mempelajari SEO (Search Engine Optimization), sebagai salah satu upaya untuk dapat menaikkan traffic blog. Khususnya lagi jika blog tersebut juga digunakan untuk berbisnis, maka traffic benar-benar menjadi sesuatu yang amat penting.

Nah, jika Anda juga menginginkan blog traffic Anda naik atau meningkat dengan cara yang mudah namun efektif, berikut ini adalah lima puluh tiga cara yang dapat Anda gunakan. Jika Anda serius melakukan tips-tips di bawah ini, traffic blog Anda akan meningkat secara signifikan.

Posting yang baik dan berkualitas

Tulislah isi atau content yang baik dan berkualitas. Ingat selalu bahwa nyawa blog adalah isi atau content. Jika setiap isi/content yang diposting selalu baik dan berkualitas, orang akan selalu datang dan datang lagi. Begitu pun dengan pengunjung baru.

Begitu mereka menemukan blog Anda, dan mendapatkan content posting yang menarik, mereka akan mengingat blog Anda untuk kemudian datang lagi, dengan tujuan untuk dapat menikmati posting Anda lagi.

Content yang baik dan berkualitas, serta yang diposting secara kontinyu akan menjaga pengunjung untuk tetap setia pada blog Anda, sehingga mereka akan terus mengunjungi blog Anda, sekaligus akan mendatangkan pengunjung baru.

Sebaliknya, jika Anda jarang membuat posting, atau isi posting Anda termasuk di bawah standar, maka pengunjung lama akan cepat bosan, dan pengunjung baru pun tidak akan ingin datang lagi. Jadi, kunci pertama adalah posting. Semakin baik dan semakin rajin Anda melakukan posting, semakin tinggi pula traffic blog Anda.

Segera lakukan editing sewaktu-waktu

Ada kalanya kita telah menulis posting yang baik dan berkualitas, namun bisa saja terjadi kita mengalami kekeliruan dalam penulisan atas suatu data tertentu. Ketika hal semacam ini disadari, segera lakukan editing atau pembetulan atas kekeliruan pada posting itu. Ingat, semakin bagus dan semakin berkualitas posting Anda, maka semakin tinggi kemungkinan posting itu akan di-link oleh blog lain.

Karenanya, jika posting Anda terkesan kacau dan berantakan, serta banyak terdapat kesalahan di dalamnya, maka orang lain (blog lain) akan malas memberikan link ke posting tersebut. Sebaliknya, jika posting Anda berkualitas, serta dapat dijadikan rujukan yang sahih, maka orang akan merasa bangga jika memberikan link ke posting Anda tersebut. Dengan adanya link, berarti blog Anda akan mendapatkan traffic pengunjung baru.

Desain blog yang nyaman dilihat

Buatlah desain yang baik dan menarik. Desain blog juga ikut menentukan tingkat kenyamanan pengunjung saat membaca dan menikmati posting Anda.

Karenanya, buatlah desain yang sebaik mungkin, dalam arti semua panel yang disediakan memang berfungsi, lay out-nya tidak membingungkan, tidak ada masalah atau eror yang mengganggu, warna-warnanya tidak menyilaukan, huruf atau font yang digunakan dalam post atau lainnya juga terasa nyaman di mata, serta memiliki navigasi yang mudah digunakan.

Ingat, desain yang baik tidak harus mewah atau rumit. Biasanya, yang banyak terjadi, desain blog yang baik dan disukai banyak orang adalah desain yang justru sederhana. Karenanya, buatlah desain blog yang sederhana saja, namun semuanya berfungsi dan mudah digunakan, serta membuat pengunjung merasa nyaman selama membaca post-post Anda.