Tips Blogging: Menjadi Unik dan Lain dari yang Lain

 Tips Blogging: Menjadi Unik dan Lain dari yang Lain

BIBLIOTIKA - Ada semacam kecenderungan umum namun keliru dalam dunia blog. Ketika ada satu blog yang terlihat ramai atau terkenal karena mengangkat satu tema tertentu, maka ramai-ramai orang lain akan membuat blog dengan isi atau content semacam itu. Sebenarnya, itu jalan yang keliru, khususnya jika si peniru bukanlah orang yang ahli dalam bidang itu.

Ketika kita membuat blog dengan content yang meniru blog lain yang sudah terkenal, orang-orang akan lebih suka mengunjungi blog yang sudah terkenal daripada mengunjungi blog kita yang belum dikenal. Karenanya, membuat blog dengan mencontoh isi blog terkenal sama saja bunuh diri karena sulit berkembang.

Jauh lebih baik jika Anda menjadi diri sendiri, dengan membuat blog yang benar-benar mewakili diri Anda apa adanya, dengan segala keunikan serta keahlian yang Anda miliki. Percayalah bahwa Anda memiliki suatu hal yang tidak dimiliki orang lain, dan tunjukkan hal itu melalui blog Anda. Semakin unik Anda menampilkan diri Anda, orang akan semakin mudah mengingat Anda.

Terus kembangkan blog Anda

Selain posting yang makin hari makin berkualitas, Anda juga perlu mengembangkan isi blog Anda secara keseluruhan. Misalnya, jika pada mulanya Anda hanya fokus membahas satu hal secara spesifik, perlahan-lahan Anda bisa memulai merambah tema-tema lain yang sebelumnya belum pernah Anda bahas, meski tema itu masih tetap berhubungan dengan isi blog Anda secara keseluruhan.

Para pembaca akan selalu berkunjung ke blog Anda jika mereka melihat bahwa blog Anda terus berkembang dan semakin maju, serta semakin memberikan wawasan. Selain itu, perkembangan materi di blog juga akan dapat menjadi semacam kejutan menyenangkan buat pembaca, sehingga mereka pun jadi penasaran untuk terus mengikuti blog Anda.

Gunakan link blog sebagai signature

Ketika Anda menulis, mengirim dan menjawab email, Anda juga bisa menggunakan link blog Anda sebagai signature. Caranya sangat mudah sekali. Anda tinggal membubuhkan alamat blog Anda di setiap email yang Anda kirimkan. Nantinya, si penerima email akan melihat alamat blog itu, dan jika dia tertarik maka dia akan tinggal meng-klik untuk mengunjungi blog Anda.

Dalam hal ini, tentu saja semakin sering Anda beraktivitas mengirim dan menerima email, maka akan semakin sering pula alamat blog Anda terlihat oleh orang lain yang membaca email Anda.

Gunakan nama domain sendiri

Kebanyakan blogger menggunakan hosting gratisan, semisal Blogspot atau Wordpress, sehingga nama URL mereka pun jadi lebih panjang, karena harus mengikutsertakan nama hosting tempat mereka bernaung.

Karenanya, jika Anda menginginkan pengunjung Anda mudah mengingat nama domain Anda, khususnya lagi jika Anda mulai menggunakan blog Anda untuk berbisnis, sebaiknya Anda menggunakan nama domain sendiri.

Dengan menggunakan nama domain sendiri, nama serta alamat URL blog Anda akan lebih mudah diingat orang, sekaligus juga akan terkesan lebih profesional. Dengan begitu, ketika orang ingin kembali ke blog Anda, mereka tidak akan kesasar karena lupa nama blog milik Anda.