Tips Blogging: Mengenal Search Engine Optimization

  Tips Blogging: Mengenal Search Engine Optimization

BIBLIOTIKA - Ini pelajaran ‘klasik’ dalam hal meningkatkan traffic blog, yakni SEO alias Search Engine Optimization. Meskipun kita melakukan banyak cara selain SEO untuk dapat meningkatkan traffik blog, namun tetap saja (kalau bisa) kita juga belajar SEO untuk bisa menaikkan ranking blog kita.

Dalam SEO, semakin baik ranking blog Anda di search engine, maka akan semakin banyak pula pengunjung atau visitor yang akan datang ke blog Anda. SEO memang secara khusus mengurusi upaya menaikkan ranking di search engine.

Tulislah posting dengan titel menarik

Lebih lengkapnya lagi, tulislah posting dengan titel atau judul yang menarik, gampang diingat, dan mengandung keyword alias kata kunci.

Posting dengan titel yang menarik serta gampang diingat biasanya akan mendapatkan traffic yang lebih banyak, apalagi jika mengandung keyword. Jika posting Anda memenuhi prasyarat itu, blog Anda akan mendapatkan ranking di search engine.

Dan jika seseorang memberikan link untuk artikel atau posting Anda dengan keywords tersebut, maka Anda akan mendapatkan rangking yang lebih baik, dan akan mendapatkan traffic lebih banyak dari mesin pencari semisal Google, Yahoo!, atau yang lainnya.

Buatlah blog theme

Jika Anda memiliki kemampuan untuk hal ini, buatlah theme untuk blog, baik untuk Wordpress ataupun blogspot, atau yang lainnya. Di dalam theme yang Anda buat itu, sisipkan link blog Anda di dalamnya. Kemudian sediakan secara gratis untuk digunakan orang lain dalam blog mereka.

Orang selalu suka dengan hal-hal semacam itu. Jika theme yang Anda buat terkesan unik dan menarik, orang akan menggunakannya. Dan begitu theme itu digunakan pada blog mereka, secara otomatis terdapat link ke alamat blog Anda. Semakin banyak theme yang Anda buat, semakin banyak orang yang menggunakannya, semakin banyak pula link yang akan Anda dapatkan.

Buatlah gambar dengan sisipan link

Jika Anda merasa membuat theme terasa berat, Anda bisa membuat gambar atau ilustrasi-ilustrasi yang kemudian bisa Anda sediakan secara gratis untuk digunakan orang lain di blognya. Pada gambar-gambar tersebut, Anda bisa menyisipkan atau menuliskan link blog Anda.

Jika gambar atau ilustrasi buatan Anda memang bagus, pasti akan banyak orang yang akan menggunakannya, dan link blog Anda pun tersebar kemana-mana. Gambar-gambar itu secara tak langsung akan memperkenalkan blog Anda kepada orang-orang dalam jangkauan yang tak terbatas.

Buatlah animasi untuk social networking 

Selain membuat gambar dan ilustrasi untuk blog, Anda juga bisa membuat gambar-gambar animasi yang ditujukan untuk penggunaan di situs-situs social networking. Seperti yang Anda tahu, orang-orang yang aktif di Facebook, Friendster atau semacamnya, selalu menyukai gambar, entah gambar animasi, gambar berkedip, atau yang lainnya.

Anda bisa membuat dan menyediakan gambar-gambar semacam itu untuk digunakan orang-orang di situs-situs social networking, dan Anda bisa menyisipkan alamat blog Anda pada gambar-gambar tersebut. Nantinya, link blog Anda akan tersebar kemana-mana, menjangkau orang-orang tanpa batasan wilayah.