Tips Blogging: Membuat Posting yang Menarik

 Tips Blogging: Membuat Posting yang Menarik

BIBLIOTIKA - Banyak orang yang menyukai post berisi list atas suatu daftar tertentu. Misalnya ‘Daftar 100 Blog Paling Keren’, atau ‘Daftar 100 Tipe Ponsel Paling Disukai’, dan semacamnya. List dalam posting semacam itu biasanya memiliki link yang terhubung dengan banyak post lainnya, sehingga pengunjung akan tertarik dan penasaran untuk melihatnya.

Selain itu, judul-judul post semacam itu juga biasanya akan langsung menarik pengunjung untuk membacanya, serta juga akan menjadi kata kunci yang kemungkinan banyak dicari. Blog lain pun biasanya akan tertarik untuk memberi link ke posting-posting semacam itu. Karenanya, Anda bisa membuat post yang berisi list seperti itu, dengan harapan untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak.

Tulislah post tentang artis dan selebriti

Berita tentang artis dan selebriti adalah berita yang selalu dicari banyak orang. Mereka selalu ingin tahu bagaimana kabar artis atau selebriti terkenal, khususnya lagi yang disukainya. Mereka mencari informasi itu melalui berbagai cara, termasuk dengan menggunakan search engine atau mesin pencari.

Karenanya, jika Anda rajin menulis post tentang artis dan selebriti di blog Anda, maka kemungkinan besar Anda juga akan sering mendapatkan pengunjung baru.

Lalu bagaimana kalau isi blog Anda sama sekali tidak berhubungan dengan artis dan selebriti? Tidak perlu khawatir. Anda masih bisa menulis tentang artis dan selebriti, meski isi atau content Anda sama sekali bukan blog gosip. Misalnya, blog Anda membahas tentang buku. Maka Anda bisa menulis tentang buku-buku tertentu yang dibaca oleh artis-artis tertentu.

Di sini, yang paling berperan adalah kreativitas Anda, dan tidak semata-mata isi atau content blog Anda. Berbagai hal yang berhubungan dengan artis dan selebriti selalu bisa diangkat dan ditulis, entah acara perkawinannya, kelahiran anaknya, masalah hukum dan keluarga, dan lain-lain.

Tulislah pilar post di blog Anda

Pilar post adalah post yang panjang, dan biasanya merupakan sebuah post yang menjadi inti sebuah blog. Jika Anda membuat pilar post di blog Anda, maka Anda akan dapat merujuk post itu dengan membuat link yang banyak ke post tersebut.

Membuat pilar post memang memerlukan waktu yang cukup lama, khususnya lagi kalau Anda belum terbiasa menulis. Namun, dengan adanya pilar post ini, maka kemungkinan blog Anda mendapatkan link akan sangat besar, karena pilar post biasanya dijadikan rujukan.

Ciri-ciri pilar post adalah panjang, autoritatif, dan instruksional. Jika Anda telah memiliki pilar post di blog, lakukan link sebanyak-banyaknya ke post tersebut, dan pastikan pilar post mendapatkan perhatian paling banyak. Ketika pilar post mendapatkan banyak link, maka blog Anda pun akan mendatangkan pengunjung lebih banyak.