Tips Blogging: Memanfaatkan Sosial Media untuk Blog

 Tips Blogging: Memanfaatkan Sosial Media untuk Blog

BIBLIOTIKA - Selain menggunakan cara di atas melalui Yahoo! Answer, Anda juga dapat menarik pengunjung ke blog Anda dengan memanfaatkan account Anda di Youtube atau Facebook.

Jika Anda memiliki account di Youtube, Anda dapat memasukkan alamat blog Anda pada profile Anda. Setelah itu Anda dapat mulai membuat video untuk di-upload ke Youtube. Nantinya, jika ada orang yang membuka profile Anda, maka mereka pun akan mendapati alamat blog Anda.

Begitu pula dengan account di Facebook. Pada halaman profile, Anda bisa memasukkan alamat blog Anda, sehingga jaringan Anda atau para pengunjung Facebook yang lain akan dapat menemukan alamat blog Anda untuk kemudian meng-kliknya.

Selain Youtube dan Facebook, Anda tentunya juga bisa memanfaatkan account Anda di tempat lain, semisal Friendster, MySpace, atau yang lainnya.

Buatlah kontes berhadiah di blog

Cara ini sering digunakan untuk mendatangkan banyak pengunjung baru. Jika blog Anda sudah memiliki jumlah pengunjung yang tetap dan relatif banyak, Anda bisa menggunakan cara ini, dan dijamin blog Anda akan mendapatkan tambahan banyak pengunjung dalam waktu singkat.

Bentuk kontesnya bisa bermacam-macam, dan Anda bisa mengkreasinya sendiri sesuai dengan isi blog Anda. Yang paling mudah, sebagai contoh, Anda bisa mengadakan kontes berupa reviu atas blog Anda, yang nantinya akan dinilai, dan yang terbaik akan mendapatkan hadiah. Di dalam reviu tersebut, Anda bisa mengajukan syarat agar setiap reviu menyertakan link ke blog Anda.

Dengan cara yang mudah ini, Anda akan langsung mendapatkan banyak link dalam waktu bersamaan di banyak blog sekaligus, sehingga traffic blog Anda akan langsung naik dalam waktu singkat.

Untuk hal ini, yang perlu diingat adalah, semakin bagus hadiah yang Anda janjikan, maka biasanya akan semakin banyak peminatnya.

Ciptakan voting atau polling

Orang suka dengan hal-hal yang berhubungan dengan pernyataan pendapat, meski dalam bentuknya yang sederhana, semisal polling atau voting atas suatu hal. Karenanya, jika Anda menginginkan traffic blog Anda meningkat, Anda bisa menggunakan cara ini.

Buatlah suatu voting atau polling atas sesuatu, dan kemudian biarkan para pengunjung blog Anda memberikan pendapatnya untuk polling itu. Nantinya, mereka akan terus berkunjung ke blog Anda, karena ingin tahu hasil dari polling atau voting tersebut. Dalam hal ini, polling atau voting akan mendatangkan traffic.