Tips Blogging: Dari Statistik Sampai Blogwalking

 Tips Blogging: Dari Statistik Sampai Blogwalking

BIBLIOTIKA - Buatlah account di Google Analytic untuk mempelajari statistik atas blog Anda. Melalui Google Analytic, Anda akan dapat mempelajari kata kunci (keyword) apa yang digunakan pengunjung hingga menemukan blog Anda. Dengan cara ini, maka Anda akan tahu kata kunci apa yang populer di blog Anda, sehingga nantinya Anda akan dapat menulis posting-posting lain dengan kata kunci yang populer.

Selain itu, dengan mempelajari statistik, Anda juga akan mengetahui artikel apa yang disukai atau yang tidak disukai para pembaca Anda. Hal ini akan membantu Anda dalam membuat posting-posting selanjutnya, sehingga tingkat kesukaan pembaca akan meningkat terhadap posting-posting di blog Anda.

Bertanyalah pada pembaca Anda

Jika Anda menginginkan banyak komentar untuk posting-posting Anda, ada cara yang cukup mudah sekaligus efektif, yakni dengan bertanya pada pembaca. Setiap kali Anda menulis post untuk blog Anda, akhirilah posting itu dengan pertanyaan yang akan memancing pendapat, komentar, atau jawaban dari pembaca. Pembaca biasanya senang jika pendapat mereka dianggap penting, sehingga mereka tidak akan ragu untuk menuliskan komentar di blog Anda.

Nah, semakin banyak orang yang menuliskan komentar di blog Anda, maka biasanya akan semakin menarik pengunjung lain untuk juga menuliskan komentarnya. Dari situ, para pengunjung baru akan melihat bahwa blog Anda termasuk ramai, sehingga dia pun tidak akan segan untuk ikut ‘nimbrung’ dan menjadi pengunjung tetap blog Anda.

Selain itu, adanya kesempatan untuk menyatakan pendapat di kolom komentar semacam itu akan menarik pengunjung untuk datang lagi dan datang lagi.

Tinggalkan komentar di blog lain

Ketika Anda melakukan blogwalking (mengunjungi blog-blog lain), dan menjumpai kolom untuk berkomentar, maka hampir bisa dipastikan Anda akan mendapati kolom untuk mengisikan alamat URL Anda.

Karenanya, jika Anda meninggalkan komentar di blog lain, maka secara otomatis akan tercipta link di blog itu berdasarkan komentar Anda. Ketika para pengunjung lain membaca komentar Anda, mereka akan tertarik untuk mengklik link yang ada di situ, sehingga akan sampai di blog Anda.

Karena itu, tulislah komentar yang unik, menarik, dan tinggalkan komentar di banyak blog lain. Semakin banyak komentar yang Anda tinggalkan di berbagai blog, maka semakin tinggi pula kenaikan tingkat pengunjung baru ke blog Anda.

Salah satu cara menjadikan blog cepat populer memang blogwalking seperti di atas, dan cara itu pula yang selama ini banyak dilakukan oleh para blogger di Indonesia. Anda pun bisa mengikutinya untuk menaikkan traffic ke blog Anda.