Tips Blogging: Dari Search Engine Sampai Urusan Link

Tips Blogging: Dari Search Engine Sampai Urusan Link

BIBLIOTIKA - Banyak blog yang mendapatkan traffic yang berasal dari search engine atau mesin pencari. Ketika pengunjung internet memasukkan suatu kata kunci pada search engine, dan kata kunci tersebut terdapat di blog Anda, maka blog Anda pun akan mendapatkan limpahan traffic. Karenanya, segera daftarkan blog Anda ke search engine agar blog Anda terindeks dalam daftar mereka.

Tetapi mendaftarkan blog saja tidak cukup.

Setelah blog Anda terdaftar dan terindeks di Google, misalnya, maka Anda tetap harus rajin menulis post baru untuk blog Anda, sehingga search engine akan terus mengindeks Anda. Tanpa posting, blog yang telah didaftarkan pun sia-sia saja, karena intinya tetap pada posting.

Ingat selalu, search engine mengarahkan orang ke blog Anda karena sebuah kata kunci. Dan kata kunci itu harus ada di dalam posting di blog Anda. Karenanya, semakin rajin Anda membuat posting, semakin sering pula orang akan menemukan blog Anda.

Lakukan link internal pada post lain

Ketika Anda menulis post baru, selalu usahakan agar posting tersebut memiliki link ke posting Anda yang lain atau yang sebelumnya. Karenanya, selalu upayakan untuk membuat posting yang saling berhubungan atau satu tema, sehingga masing-masing post yang Anda tulis akan terus memiliki jalinan keterhubungan.

Ketika Anda melakukan link ke post Anda lainnya di blog, maka link internal semacam itu akan menaikkan ranking Anda di mesin pencari (search engine), serta akan menaikkan traffic. Selain itu, ketika orang berkunjung ke blog Anda, dan mereka mendapati link dalam posting yang mereka baca, maka mereka akan terus meng-klik link tersebut untuk terus berada di blog Anda.

Tetapi jika mereka tidak mendapati hal lain yang bisa mereka lihat lagi, karena Anda tidak menaruh link pada posting Anda, maka pengunjung pun akan segera berlalu dari blog Anda dan tidak akan berlama-lama lagi.

Saling tukar link dengan blog lain

Hal ini sudah umum dilakukan para blogger, dan aktivitas saling tukar link ini memang terbukti dapat meningkatkan traffic blog. Tukar-menukar link bisa dilakukan dengan sesama blogger, dan link tersebut bisa diletakkan di side bar (halaman samping), di dalam halaman posting, ataupun lainnya.

Jika Anda saling menukar link dengan blog yang memiliki keterhubungan content dengan blog Anda, maka kemungkinannya akan sangat bagus dalam hal traffic, karena pengunjung di blog orang tersebut memang membutuhkan content yang serupa dengan content yang disediakan di blog Anda.

Akan lebih bagus lagi jika blog lain yang saling tukar link dengan Anda tersebut adalah blog yang tergolong terkenal atau besar, memiliki banyak pengunjung, sehingga link Anda yang ada di blog tersebut akan cepat mendatangkan pengunjung baru. Tetapi meski tidak begitu pun, saling tukar link dengan blog lain selalu bisa menaikkan traffic. Jika sewaktu-waktu blog lain itu semakin besar, blog Anda akan semakin mendapatkan limpahan traffic yang juga semakin besar.