Tips Blogging: Dari Feedburner Sampai Gambar Posting

 Tips Blogging: Dari Feedburner Sampai Gambar Posting

BIBLIOTIKA - Jika blog Anda dilengkapi dengan Feedburner, maka pengunjung yang tertarik dapat berlangganan posting Anda dengan cara subscribe atau memesannya lewat RSS untuk mendapatkan berita update blog Anda. Karenanya, jika Anda membuat posting baru atau meng-update blog Anda, orang-orang yang telah melakukan subscibe itu akan mendapatkan pemberitahuan di email, sehingga mereka akan melihat berita atau posting terbaru Anda.

Hal ini akan menjaga para pengunjung Anda untuk selalu mengunjungi blog Anda, sehingga mereka terus berkunjung secara kontinyu. Semakin banyak orang yang melakukan subscribe via RSS, maka semakin tinggi pula traffic blog Anda. Selain itu, dengan adanya Feedburner di blog, Anda pun akan dapat memantau sebanyak apa pengunjung blog Anda yang aktif.

Manfaatkan moment hari besar

Ketika hari-hari besar tiba, semisal Lebaran, Natal, Tahun Baru, Valentine, dan lain-lain, maka orang-orang biasanya akan mencari info-infonya atau berita-berita yang berhubungan dengannya. Nah, Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan banyak pengunjung baru ke blog Anda.

Satu bulan sebelum hari besar itu tiba, tulislah tentang hari besar tersebut di blog Anda, sehingga isinya akan terindeks oleh mesin pencari. Nantinya, ketika hari besar itu tiba dan pengunjung internet mencari informasi yang berkaitan dengannya, maka blog Anda akan disuguhkan di mesin pencari, sehingga pengunjung dapat mendatangi blog Anda.

Begitu pula hari-hari besar lain, semisal Hari Pahlawan, Hari Kemerdekaan, Hari Buku Nasional, dan lain-lain. Semuanya dapat digunakan untuk menulis post yang berkaitan dengannya, yang pada akhirnya akan meningkatkan traffic blog Anda.

Gunakan gambar untuk posting Anda

Ketika membuat suatu post di blog, alangkah lebih baik jika Anda melengkapi posting itu dengan sebuah gambar. Posting yang hanya berupa tulisan biasanya kurang menarik. Keberadaan gambar akan dapat menjadikan posting terlihat lebih menawan dan lebih menarik untuk dibaca.

Selain itu, keberadaan gambar dalam posting juga berguna untuk search engine optimization (SEO), jika ada orang yang mencari gambar di mesin pencari. Hanya saja, lebih baik Anda menggunakan satu gambar untuk satu posting. Terlalu banyak gambar dalam posting malah akan menjadikan posting Anda terlihat semrawut serta akan dapat menyebabkan kesimpangsiuran di search engine.