Tips Blogging: Cara Efektif Membalas dan Menjawab Komentar

 Tips Blogging: Cara Efektif Membalas dan Menjawab Komentar

BIBLIOTIKA - Jika sewaktu-waktu Anda menemukan komentar di blog dari blogger lain yang membutuhkan bantuan Anda atas suatu hal menyangkut blog, jangan segan-segan mengulurkan bantuan Anda, kalau memang Anda mampu. Biasanya, blogger pemula memang senang jika bertanya pada blogger lain yang telah dianggap senior, dan mereka pun tidak jarang menanyakan hal-hal menyangkut blog.

Bantulah mereka sebisa Anda. Siapa tahu blogger pemula itu kelak akan menjadi blogger terkenal, dan mereka pun tentunya tidak akan melupakan jasa baik Anda. Jika mereka memiliki blog sendiri, mereka pun pastinya tidak akan segan mencantumkan link ke blog Anda.

Jawablah pertanyaan dengan posting

Jika Anda mendapati suatu pertanyaan, entah di kolom komentar atau dikirim melalui email, dan Anda pikir jawabannya bisa panjang, sebaiknya tidak perlu membuang-buang waktu untuk menjawab pertanyaan itu secara langsung. Berikan saja link yang terhubung dengan sebuah posting di blog Anda, agar si penanya akan dapat langsung membuka dan membacanya.

Kalau ternyata posting yang berisi jawaban atas pertanyaan itu belum ada di blog Anda, maka buatlah posting yang berisi jawaban atas pertanyaan itu. Kemudian tampilkan di blog, dan berikan link-nya kepada si penanya.

Buatlah blog baru

Jika Anda merasa mampu melakukannya, baik dalam hal waktu maupun kemampuan, Anda bisa membuat blog baru—khususnya jika Anda baru memiliki satu buah blog. Dengan adanya blog baru, atau blog lain, maka kedua blog milik Anda tersebut akan dapat saling melakukan link.

Dalam hal ini, yang perlu diingat, blog baru Anda yang lebih kecil, harus sering di-link oleh blog Anda yang lebih besar. Jika Anda bisa sama-sama aktif menghidupkan kedua blog tersebut dengan posting-posting yang rutin, maka kedua blog tersebut akan saling menghidupkan. Para pengunjung yang mendatangi blog A akan dikenalkan dengan blog B, dan begitu sebaliknya.

Memiliki lebih dari satu blog adalah salah satu cara yang sangat efektif dalam hal mendatangkan dan memperbanyak pengunjung ke blog Anda.