Tips Blogging: Bersenang-senang Dengan Pembaca

Tips Blogging: Bersenang-senang Dengan Pembaca

BIBLIOTIKA - Di kalangan blogger banyak sekali aktivitas semacam ini, yaitu pemberian award untuk blogger-blogger yang aktif mengunjungi suatu situs tertentu, atau yang lainnya. Award ini biasanya berupa banner atau gambar tertentu yang nantinya akan dipasang di blog penerimanya.

Nah, Anda dapat menggunakan banner semacam ini untuk menyebarkan link blog Anda. Buatlah sebuah award yang Anda tujukan untuk blogger tertentu, dan sisipkan link blog Anda ke dalamnya. Jika award itu kemudian dipasang di blog orang yang menerimanya, maka secara otomatis link Anda akan tercantum di sana. Semakin banyak blogger yang menerima award dari Anda, semakin banyak pula link blog Anda akan tersebar.

Berbagilah rahasia dengan pembaca Anda

Jika Anda mau membagikan rahasia Anda dengan para pembaca, hampir bisa dipastikan para pembaca blog Anda akan menyukainya. Rahasia yang dimaksud di sini tentu saja rahasia yang memang layak untuk dibagikan. Misalnya, Anda seorang pengusaha, dan Anda membagikan rahasia sukses Anda sebagai pengusaha di blog Anda, maka hal itu pasti akan membuat pengunjung blog menaruh simpati kepada Anda.

Banyak orang yang menutup-nutupi rahasia suksesnya, dengan tujuan tidak tersaingi orang lain. Karenanya, orang-orang pasti langsung menyukai Anda jika Anda mau berbagi rahasia yang baik untuk mereka.

Banyak hal yang bisa dibagikan bagi pembaca Anda, semisal rahasia belajar yang sukses (khususnya kalau Anda seorang dosen atau mahasiswa teladan), rahasia tentang kecantikan, dan lain-lain.

Bergabunglah dengan forum/komunitas

Di internet, ada banyak sekali forum atau komunitas tertentu yang berisi orang-orang dengan suatu kecenderungan yang sama. Jika Anda menemukan suatu forum atau komunitas yang sesuai dengan isi blog Anda, bergabunglah dengan forum atau komunitas tersebut. Selain dapat menambah kenalan, Anda juga bisa memperkenalkan blog Anda pada mereka.

Di forum-forum semacam itu biasanya para anggotanya dibebaskan untuk memposting tulisan. Anda bisa membuat posting di sana, dengan menyisipkan link blog Anda di dalamnya. Nantinya, jika posting Anda dibaca anggota forum tersebut dan tertarik, mereka pun akan mengunjungi blog Anda.