Tips Blogging: Antara Bisnis dan Proses Belajar

 Tips Blogging: Antara Bisnis dan Proses Belajar

BIBLIOTIKA - Jika Anda masih tergolong baru atau pemula dalam aktivitas nge-blog, sebaiknya jangan tergoda dulu dengan tawaran memiliki bisnis di internet atau menghasilkan uang melalui blog.

Seperti yang Anda tahu, banyak sekali cara untuk mendapatkan uang melalui blog dengan cara yang katanya mudah. Tetapi, jika Anda masih pemula, dan blog Anda belum memiliki pengunjung tetap dalam jumlah yang banyak, sebaiknya tidak usah tergoda dulu dengan hal-hal semacam itu.

Mengapa? Karena yang lebih penting untuk Anda fokuskan adalah mendatangkan pengunjung terlebih dulu sebanyak-banyaknya ke blog Anda. Jika Anda langsung tergiur dengan tawaran menghasilkan duit sebagaimana yang disebutkan di atas, fokus perhatian serta waktu Anda akan habis untuk mengurusi bisnis itu, dan Anda akan melalaikan blog Anda. Akibatnya, blog Anda miskin pengunjung, dan bisnis Anda juga tidak akan jalan.

Sebaiknya, fokuslah dulu membangun blog Anda dengan banyak-banyak menulis post yang baik dan berkualitas, untuk mendatangkan traffic ke blog Anda. Nantinya, ketika pengunjung blog Anda sudah bagus dalam jumlah, dan Anda sudah merasa nyaman nge-blog dengan jumlah pengunjung yang stabil, barulah Anda bisa mulai menggunakan blog Anda untuk menghasilkan uang. Pada waktu itu, fokus perhatian Anda tidak akan terpecah, dan Anda akan memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Lepaskan semua iklan yang ada

Ini tak jauh beda dengan yang ada di atas. Para blogger pemula biasanya merasa ingin cepat-cepat mendatangkan uang, sehingga mereka pun langsung memasang banyak banner iklan di blognya dengan harapan mendapatkan klik yang kemudian akan mendatangkan rupiah untuknya.

Jika blog Anda masih tergolong baru dan Anda masih menginginkan kunjungan yang banyak sekaligus stabil, sebaiknya copot atau lepaskan dulu semua iklan yang ada di blog Anda.

Kalau orang mengunjungi suatu blog yang isi atau content-nya belum jelas atau belum banyak, tetapi iklannya sudah banyak dan bertebaran di sana-sini, hampir bisa dipastikan akan langsung bosan dan menutup blog itu. Beda halnya jika memang blog itu bagus atau sudah terkenal, dan para pengunjung tetapnya sudah sangat banyak, maka iklan-iklan yang bertebaran itu tidak lagi jadi masalah.

Karenanya, sekali lagi, jika Anda masih dalam proses mengumpulkan pengunjung blog Anda, sebaiknya bersihkan dulu blog Anda dari banner-banner iklan, agar pengunjung merasa nyaman selama berada di blog Anda. Nantinya, jika memang pengunjung tetap Anda sudah banyak karena blog Anda benar-benar berkualitas, Anda bisa mulai memasang banner-banner iklan itu lagi, dan kali ini Anda akan benar-benar mendapatkan rupiah.