Tips bila Ingin Mengunjungi Candi

Tips bila Ingin Mengunjungi Candi

BIBLIOTIKA - Salah satu kekayaan negeri nusantara ini adalah keberadaan beberapa candi yang terkenal hingga ke kawasan internasional. Candi Borobudur, Prambanan, dan juga beberapa yang lainnya.

Nah, apabila Anda berniat berkunjung ke kawasan candi, biasanya tak ada persiapan khusus seperti halnya kalau melakukan perjalanan ke alam yang jarang ditembus manusia seperti gunung atau lembah. Namun, tak ada salahnya apabila Anda tidak melupakan hal-hal kecil yang akan membuat perjalanan Anda semakin aman, nyaman, dan menyenangkan. Seperti berikut yang di bawah ini:

Saat mengunjungi kawasan wisata candi, usahakan untuk mengenakan pakaian santai yang bisa memberikan kemudahan bagi tubuh untuk bergerak. Wisata keliling candi akan membuat Anda banyak berjalan kaki.

Karena banyak perjalanan dengan kaki, maka usahakan untuk mempergunakan alas kaki yang nyaman, sekaligus aman bagi tubuh yang paling bawah itu. Sebaiknya, gunakan sepatu olah raga ataupun sepatu untuk tracking / hiking, atau sejenis sandal gunung agar perjalanan wisata menjadi lebih santai.

Jangan lupa untuk membawa alat pelindung tubuh / kepala, bisa berupa payung atau topi. Bagi yang sensitif terhadap panas matahari, gunakanlah krim pelindung sinar matahari untuk mengurangi pengaruh sengatan matahari ketika berada di lokasi wisata tersebut.

Bawalah perbekalan secukupnya, teruama air minum. Karena di dalam lokasi obyek wisata candi bisanya tidak terdapat penjual makanan atau minuman. Tapi yang perlu diingat adalah; jangan membuang bekas pembungkus makanan atau minuman secara sembarangan di dalam lokasi candi karena dapat merusak keindahan kawasan bersejarah tersebut.

Selain perbekalan yang cukup dan perlengkapan yang memadai, usahakan untuk tidak terlalu berlebihan membawa barang bawaan ke lokasi obyek wisata candi, mengingat medan perjalanan ke lokasi candi biasanya cukup menanjak.

Jangan lupa membawa kamera untuk merekam keindahan alam dan kemegahan sisa-sisa sejarah masa lampau di sana, sekaligus untuk dijadikan sebagai kenang-kenangan.