Tips agar Blog Lebih Efektif dan Menarik (1)

Tips agar Blog Lebih Efektif dan Menarik

BIBLIOTIKA - Ketika kita mengunjungi atau membuka sebuah blog di internet, apa yang kita inginkan? Tentu saja kita ingin mendapatkan manfaat dari aktivitas itu, entah mendapatkan informasi, berita, wawasan, ilmu, atau setidaknya hiburan. Karenanya, meski setiap pemilik blog pasti menginginkan tampilan blognya sebagus mungkin, yang tidak boleh dilupakan adalah isi atau content-nya.

Hal inilah yang sering kali tidak dipahami oleh para pemilik blog. Mereka lebih serius menggarap wajah atau tampilan blognya, tapi mengabaikan isinya. Akibatnya, blog tampak indah bahkan mewah, tetapi isinya tidak digarap dengan sama indahnya, sehingga hasilnya tidak maksimal.

Jika kita menggolongkan pengunjung dalam dua bagian, maka setidaknya kita akan mendapatkan pengunjung blog dalam tipe seperti ini:

Pengunjung jenis pertama adalah pengunjung yang mendapatkan atau menemukan blog kita karena mencari sesuatu. Biasanya seseorang mencari suatu informasi dengan memasukkan suatu kata kunci di mesin pencari (semisal Google), dan kemudian menemukan informasi tersebut di blog kita.

Sedang pengunjung jenis kedua adalah pengunjung yang mengunjungi blog kita dengan tujuan untuk blogwalking—biasanya adalah sesama blogger. Pengunjung jenis ini biasanya mengunjungi suatu blog dengan tujuan agar kita juga mengunjungi blognya.

Nah, di antara dua jenis pengunjung itu, bisa dikatakan bahwa tujuan terpentingnya adalah mendapatkan isi atau materi blog kita, dan bukannya menyaksikan tampilan kemewahan blog kita. Menurut studi yang berhubungan dengan interaksi manusia dengan komputer, rata-rata orang hanya membutuhkan waktu satu menit pertimbangan untuk menutup sebuah halaman web atau blog.

Karenanya, jika isi atau materi yang kita suguhkan dalam blog tidak mampu menarik pengunjung, atau blog kita terlalu berat dibuka karena banyaknya hiasan semisal widget dan semacamnya, maka pengunjung tidak akan menunggu waktu lama untuk segera menutup blog kita, dan beralih ke web atau blog lainnya.

Jika kita memperhatikan blog-blog terkenal dan bagus, biasanya yang menjadi ciri mereka adalah tampilan yang sederhana, namun isinya yang luar biasa. Blog-blog tersebut menjadi terkenal dan dianggap bagus oleh banyak pengunjung, karena isi atau materinya, dan bukan karena sekadar tampilannya.

Nah, untuk menciptakan sebuah blog yang sederhana tapi bagus, berikut ini adalah hal-hal yang bisa Anda perhatikan.

Hilangkan widget yang tidak perlu

Tidak sedikit blog yang memasang aneka macam widget atau pernak-pernik di halaman blognya, mungkin dengan tujuan agar tampilan blog bisa lebih bagus atau lebih menawan. Tetapi, yang sering kali terjadi, blog itu malah jadi terkesan ramai dan berat ketika diakses. Karenanya, jika di blog Anda terdapat widget-widget yang tidak diperlukan, sebaiknya dihapus saja, atau digantikan dengan widget lain yang lebih mendukung penggunaan blog Anda.

Beberapa widget yang sebaiknya dihapus atau tidak usah digunakan adalah:

Jam 

Setiap pengunjung blog pasti bisa melihat jam dengan mudah, karena di masing-masing komputer telah dilengkapi jam di bagian taskbar. Karenanya, memasang widget jam di blog sama sekali mubazir dan tidak perlu.

Kalender

Ini juga tak jauh beda dengan jam. Di setiap taskbar komputer telah dilengkapi dengan kalender yang dapat digunakan untuk melihat tanggal, bulan dan tahun. Karenanya, widget kalender di blog tidak akan terlalu berfungsi, bahkan bisa dibilang jarang sekali (atau bahkan tidak pernah) dilihat pengunjung.

Musik

Ini merupakan pernak-pernik blog yang cukup berat. Karenanya, keberadaan musik di blog kita akan menjadikan halaman blog kita jadi berat atau sulit dibuka. Karenanya, jika memang tidak benar-benar diperlukan, sebaiknya hapus saja musik di blog Anda.

Selain itu, para pengunjung blog pastilah telah memiliki pemutar musik di komputernya masing-masing. Dan jika mereka memang ingin mendengarkan musik, mereka dapat melakukannya dengan memutar di komputernya tanpa harus susah-payah menyetelnya di blog Anda. Lebih dari itu, tampilan musik di blog atau internet sering kali tersendat-sendat atau tidak mulus, sehingga lebih banyak orang yang malas menggunakannya.

IP Pengunjung

Banyak orang yang jadi tidak nyaman ketika mendapati IP komputernya tertampil di blog yang dikunjunginya. Mungkin kita memasang IP pengunjung dengan tujuan untuk memudahkan pengunjung blog jika mereka ingin tahu berapa IP komputernya. Tetapi, yang sering terjadi, pengunjung justru merasa ‘dimata-matai’. Karenanya, sebaiknya hilangkan saja widget ini, atau ganti dengan widget lain yang lebih bermanfaat.

Widget yang tidak berhubungan dengan blog

Jika blog Anda mengupas tentang dunia teknologi, Anda tidak perlu repot-repot memasang widget yang berhubungan dengan kecantikan atau kehamilan. Itu sama sekali tidak relevan, bahkan terkesan aneh.

Widget yang tidak dianjurkan Google

Agar blog Anda tidak ‘dibenci’ Google, sebaiknya hindari atau setidaknya kurangi widget yang tidak dianjurkan oleh Google. Begitu pula script-script yang terlalu berlebihan.

Baca lanjutannya: Tips agar Blog Lebih Efektif dan Menarik (2)