Tips agar Blog Disukai Search Engine

  Tips agar Blog Disukai Search Engine

BIBLIOTIKA - Ketika membuat blog, salah satu tujuan kita pastilah ingin agar blog itu disukai oleh para pembaca dan pengunjung. Semakin banyak pengunjung yang datang dan membaca isi blog kita, maka si pemilik blog pun akan semakin bangga, karena blognya disukai dan menjadi terkenal.

Salah satu cara pengunjung datang ke blog kita adalah melalui search engine—biasanya yang paling banyak adalah melalui Google. Karenanya, selain mengusahakan agar blog kita telah terindeks di search engine, kita pun harus berupaya agar blog kita disukai oleh search engine.

Apa yang dimaksud “disukai oleh search engine”? Jika search engine semacam Google menyukai sebuah halaman blog tertentu, dia akan lebih sering merekomendasikan blog tersebut ketika ada kata kunci yang dimasukkan orang.

Sebaliknya, jika Google tidak menyukai suatu blog tertentu, maka dia biasanya akan jarang, bahkan nyaris tidak pernah, merekomendasikan blog itu ketika ada suatu kata kunci yang dimasukkan, meski mungkin blog tersebut memiliki kata kunci yang dicari.

Karenanya, menjadi blog yang disukai Google atau search engine lain merupakan salah satu syarat agar blog kita cepat ditemukan orang di internet, agar makin dapat terus meningkatkan jumlah pengunjung. Lalu bagaimana cara agar blog kita bisa disukai oleh search engine?

Berikut ini delapan ciri blog yang disukai oleh search engine, baik Google ataupun search engine lainnya. Anda dapat memenuhi delapan ciri berikut ini untuk Anda terapkan pada blog Anda, agar search engine bisa ‘jatuh cinta’ pada blog Anda:

Blog yang memiliki susunan dan link teks yang jelas. Artinya, setiap halaman harus bisa dicapai/dilihat/diakses dengan satu link teks yang statis.

Blog yang menawarkan site map kepada pengunjung dengan link yang langsung menuju ke bagian penting dari blog tersebut. Karenanya, jika dalam site map blog Anda terdapat banyak link, sebaiknya site map dipisahkan ke halaman yang berbeda.

Blog yang berisi informasi yang berguna, padat, dan jelas, serta secara akurat bisa menggambarkan content atau isi blog tersebut.

Blog yang memiliki kata kunci atau keyword yang banyak atau sering dicari orang melalui search engine.

Blog yang lebih banyak menggunakan teks, bukan gambar, ketika menampilkan nama, atau menjelaskan content atau link. Google tidak akan mengenali teks yang ada di dalam gambar.

Blog yang memiliki judul tag dan atribut yang benar-benar akurat, dan menggambarkan isi blog.

Blog yang tidak memiliki atau setidaknya minim link yang mati. Karenanya, rajin-rajinlah memeriksa apakah ada link dalam blog yang telah mati, atau kode HTML yang salah.

Blog yang memiliki jumlah link yang rasional, dalam arti tidak terlalu banyak, sehingga malah akan membingungkan pembaca.