Panduan Pintar Menyiram Tanaman

Panduan Pintar Menyiram Tanaman

BIBLIOTIKA - Kalau Anda termasuk orang yang sangat sibuk, tetapi juga suka merawat tanaman di rumah, Anda pasti sering menghadapi masalah berupa sulitnya meluangkan waktu untuk mengurusi tanaman-tanaman Anda, khususnya menyiraminya. Jika Anda mengalami masalah semacam itu, silakan gunakan tips pintar berikut.

Letakkanlah sabut kelapa di sekeliling tanaman Anda, kemudian siram sabut kelapa tersebut bersama tanaman Anda sebagaimana biasa Anda menyiram.

Nah, adanya sabut kelapa tersebut akan menjadi tempat untuk menyimpan air sementara, sekaligus menjaga kelembapan tanah di sekitar tanaman, sehingga tanaman Anda akan mempunyai persediaan air yang cukup. Dengan cara ini, penyiraman tidak perlu lagi dilakukan setiap hari, dan Anda bisa tetap sibuk dengan aktivitas Anda.


Tips menata taman pot

Jika memiliki lahan atau halaman yang luas, tentu kita bisa membangun taman yang permenan, dalam arti taman yang dibangun langsung di atas lahan tanah tersebut, dengan tujuan memiliki pandangan yang asri dan segar dari bunga-bunga yang tumbuh di sana. Tetapi, jika lahan atau halaman rumah kita sempit atau terbatas, maka taman pot bisa dijadikan pilihan yang terbaik.

Nah, jika Anda ingin menghiasi halaman rumah Anda yang terbatas dengan taman pot, berikut ini tips yang bisa Anda cermati.

Pertama, tentu saja, sediakan dulu pohon ukuran kecil yang ingin ditanam, pot, pecahan genteng, pupuk, dan juga tanah. Akan lebih baik jika Anda memilih pot yang memiliki lubang-lubang di sekelilignya, agar Anda bisa menanam beberapa tanaman sekaligus dalam pot itu. Biasanya, pot semacam itu memiliki lubang antara tiga sampai empat, yang mengelilingi lingkar keliling pot.

Nah, tempatkan potongan genteng tadi di bagian bawah pot. Hal ini merupakan cara untuk membuat tumbuhan tetap segar atau lembab karena air bisa berada di dalam pot secara lebih lama.

Kemudian, letakkan sebagian tanah di atasnya, hingga setinggi lubang di setiap sisi pot, dan setelah itu berilah pupuk.

Tanamkan pohon kecil yang telah Anda persiapkan di setiap lubang pada setiap sisinya. Masukkan pupuk lagi untuk menambahi yang tadi juga sangat baik, agar tumbuhan Anda semakin subur.

Setelah beres dengan tanaman di setiap sisi, tambahkan lagi tanah di bagian atas hingga mencapai leher pot.

Tanamkan pohon terakhir di bagian atas pot tersebut, dan siramkan air secara merata. Bila memilih tiap sisi warna tanamannya berbeda, maka akan terlihat lebih indah. Namun, yang penting dari itu, siangilah secara teratur.


Tips agar taman rumah Anda bebas kucing

Karena bertujuan memiliki rumah yang indah, Anda pun mungkin membangun taman di halaman depan atau samping rumah dengan sangat bagus, lengkap dengan rumput jepang yang halus, sehingga Anda atau anak-anak bisa menikmati taman dengan nyaman.

Yang sering menjadi masalah, taman yang indah ini kadang dirusak oleh kehadiran kucing. Kucing sangat senang bermain atau berkeliaran di sekitar taman yang rapi semacam itu, dan kemudian membuang kotorannya di taman Anda. Akibatnya, taman yang sudah dibangun dengan indah itu menjadi rusak karena berbau tidak sedap akibat kotoran kucing.

Nah, jika Anda ingin terbebas dari masalah semacam ini, Anda bisa menggunakan tips berikut.

Siapkan beberapa botol plastik bekas air kemasan, lalu isilah botol-botol itu dengan air hingga penuh. Tutup botol itu rapat-rapat, kemudian letakkan di tengah dan di sudut-sudut taman Anda. Dengan cara ini, kucing tidak akan berani lagi mengacak-acak taman Anda.