Panduan Merawat, Membersihkan, dan Memperbaiki Perabotan Kayu

Panduan Merawat, Membersihkan, dan Memperbaiki Perabotan Kayu

BIBLIOTIKA - Di depan rumah, banyak orang meletakkan beberapa kursi dan meja yang terbuat dari kayu. Meja dan kursi di depan rumah ini tentu saja bertujuan untuk duduk-duduk keluarga yang ingin menikmati udara di depan rumah, atau untuk menyambut tamu dalam suasana yang santai.

Nah, perabotan kayu yang diletakkan di luar rumah ini biasanya cepat pudar warnanya, karena secara langsung sering terpapar sinar matahari, atau bahkan terkena air hujan. Untuk selalu menjaga perabotan kayu di luar rumah selalu dalam keadaan baik, silakan gunakan tips berikut ini.

Pilihlah perabotan yang terbuat dari kayu berkualitas baik atau bagus, sekaligus yang diproses dengan sama baiknya, misalnya perabotan yang dilengkapi dengan zat anti rayap.

Agar perabotan kayu Anda awet, gunakan cat pelapis yang tahan sinar matahari (cat yang mengandung anti UV). Sedang untuk perawatan, Anda bisa melakukan pengamplasan setiap tahun dan pengecatan ulang selapis tipis.


Tips membersihkan perabotan berukir

Punya perabotan kayu yang berukir? Yang sering menjadi masalah, perabot ukiran sering dihinggapi debu, hingga bagian-bagian ukirannya cepat kusam dan tidak bagus lagi. Untuk mengatasi hal semacam itu, silakan gunakan tips berikut.

Siapkan kain halus, semir sepatu padat, sikat, dan kemiri. Setelah itu, sikatlah seluruh permukaan perabot berukir itu, hingga debu yang menempel hilang, lalu gosok dengan menggunakan semir sepatu.

Khusus untuk kayu yang berwarna putih atau kuning, gosoklah dengan kemiri yang telah ditumbuk dan dibungkus dengan kain.

Langkah terakhir, gosoklah perabotan berukir itu dengan kain katun yang halus, untuk menghilangkan semir atau kemiri yang menempel. Nah, sekarang perabot berukir Anda tampak kinclong lagi.


Tips memperbaiki perabot kayu penyok

Perabotan kayu bisa saja penyok karena terbentur oleh sesuatu yang keras, atau tertabrak dinding hingga lecet ketika sedang bersih-bersih ruangan. Jika Anda merasa terganggu dengan adanya bekas penyok atau lecet tersebut, Anda bisa menggunakan tips berikut untuk mengatasinya.

Ambillah kain lap yang berbahan kaos, kemudian basahi dengan air. Letakkan lap basah tersebut pada permukaan kayu yang penyok, kemudian tempelkan setrika panas di atasnya sampai air pada kain lap menjadi kering.

Lakukan hal ini berulang-ulang, sampai permukaan kayu perabot tersebut menjadi rata kembali.

Nah, perabot kayu kesayangan Anda sekarang cantik lagi.


Tips merawat peralatan kayu

Peralatan dapur yang terbuat dari kayu biasanya tidak bisa dibersihkan dengan mudah sebagaimana peralatan lain yang terbuat dari besi atau alumunium. Ketika digunakan, peralatan dari kayu ini menyerap bau makanan yang bersentuhan dengannya, sehingga peralatan kayu butuh cara penanganan tersendiri. Berikut ini adalah tips agar peralatan Anda terbebas dari masalah setelah digunakan.

Sebelum peralatan kayu tersebut digunakan, rendamlah peralatan tersebut dalam air yang telah dicampur dengan cuka selama satu malam. Besoknya, setelah dicuci, peralatan itu bisa digunakan, dan Anda tidak perlu khawatir akan repot dengan kemungkinan pencuciannya.


Kiat praktis mengawetkan kayu

Jika Anda membuat perabotan dengan kayu, selalu ada kemungkinan kalau kayu-kayu itu nantinya akan dimakan rayap, sehingga perabotan Anda akan rapuh. Memang ada beberapa jenis kayu yang tergolong kuat, namun banyak yang berjenis mudah dimakan rayap. Karenanya, untuk menjaga agar kayu-kayu yang akan dipakai itu senantiasa awet, gunakan tips berikut.

Sebelum kayu dipakai untuk membuat perabotan tertentu, olesi kayu-kayu itu dengan menggunakan oli bekas. Dengan cara ini, kayu tersebut akan lebih awet dan rayap akan menjauh dan tidak mengganggunya.