Panduan Jika Ingin Menggunakan Blog untuk Bisnis (4)

 Panduan Jika Ingin Menggunakan Blog untuk Bisnis

BIBLIOTIKA - Tetapi, apabila barang yang diperjual-belikan adalah barang-barang yang diperoleh dengan cara di-download, maka admin hanya berhak atas setidaknya dua puluh persen saja dari total hasil penjualan yang ada, sama dengan jumlah yang diperoleh oleh jaringannya, karena di dalam hal ini admin sama sekali tidak membutuhkan biaya tambahan untuk pembuatan dan pengiriman barang kepada si pembeli atau pemesan.

Ambillah bisnis yang member to member

Ini masih berkaitan dengan hal yang di atas. Sebisa mungkin, cari bisnis yang langsung melibatkan diri Anda dalam hal pembayarannya. Jadi, umpama Anda telah bergabung dengan suatu bisnis online di internet dan kemudian Anda mendapatkan anggota baru, maka Anda akan secara otomatis menjadi sponsor dari anggota baru tersebut.

Sebagai kompensasinya, maka anggota baru tersebut akan membayarkan harga pembeliannya secara langsung kepada admin, dan juga membayarkan komisi untuk Anda secara langsung pula ke rekening Anda.

Dengan cara member to member seperti itu, maka Anda benar-benar akan memperoleh keuntungan sebesar usaha dan kerja keras Anda. Jika komisi dikirimkan melalui admin, maka bisa saja Anda bekerja keras mati-matian mencari dan mendapatkan anggota, tetapi yang memperoleh keuntungannya hanya admin karena komisi Anda ditahan olehnya.

Carilah bisnis online yang berbiaya kecil

Sebagaimana bentuk bisnis yang lainnya, bisnis online di internet juga dapat dibilang spekulatif, karena bisa saja seseorang beruntung ketika menjalankannya, namun bukan mustahil orang menjadi rugi dan kehilangan uangnya. Karenanya, untuk meminimalisir kerugian yang mungkin ada, carilah bisnis online yang hanya membutuhkan sedikit biaya dalam hal pendaftarannya.

Berapa kira-kira harga yang ideal untuk itu? Tentu saja kita kesulitan untuk dapat menentukan berapa kira-kira yang dapat disebut sebagai ‘harga yang ideal’ itu. Tetapi, setidaknya, kita bisa menggunakan angka Rp. 100.000,- sebagai acuannya.

Apabila sebuah bisnis online jaringan mempersyaratkan biaya pendaftaran di atas angka itu, maka berarti risiko Anda semakin besar. Sebaliknya, jika biaya pendaftarannya kurang dari itu, maka Anda akan memiliki kemungkinan untuk untung, dan apabila rugi pun Anda tidak akan kehilangan terlalu banyak uang.

Carilah bisnis yang memiliki aktivitas jelas

Praktek-praktek money game tidak hanya terjadi di dunia nyata, tetapi juga terjadi di dunia maya internet. Money game adalah suatu permainan uang yang penuh risiko yang membuat orang-orang sebagian untung besar tetapi sebagian lainnya mengalami kerugian dan kehilangan uang. Praktek seperti ini kadangkala juga ditawarkan di internet, dan sebaiknya Anda tidak usah mengikutinya daripada berisiko besar kehilangan uang.

Ciri yang paling jelas dari praktek money game ini adalah tidak adanya aktivitas yang jelas di dalam bisnis online tersebut. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mendaftar dan menyetorkan sejumlah uang dan kemudian diam saja dan selesai, dan kemudian Anda dijanjikan untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Ini berbahaya, karena orang akan mikir, dari mana uang yang dijanjikan sebagai keuntungan itu?

Karenanya, kalau Anda ingin bergabung dengan suatu bisnis online di internet, maka sebaiknya cermati usaha tersebut dengan jelas. Jika ada barang yang diperdagangkan, dan harganya juga wajar sesuai dengan harganya, maka itu bisa diambil.

Atau, bisa pula bisnis online itu mengharuskan Anda untuk mengiklankan barang mereka melalui web atau blog Anda. Ini juga masih masuk akal, karena Anda memang harus mengerjakan sesuatu untuk dapat memperoleh uang dan meraih penghasilan serta keuntungan. Ingat, tidak ada keuntungan dan keberuntungan tanpa kerja keras!