Panduan Jika Ingin Menggunakan Blog untuk Bisnis (2)

 Panduan Jika Ingin Menggunakan Blog untuk Bisnis

BIBLIOTIKA - Ada kalanya, bergabung dengan bisnis online semacam ini juga memberikan banyak keuntungan. Bahkan, kalau Anda mau bekerja keras dan sedikit beruntung, maka bisa jadi Anda akan dapat memperoleh banyak penghasilan dengan hanya menawarkan barang milik orang lain seperti ini.

Apalagi pada saat ini ada cukup banyak bisnis online seperti ini yang memberlakukan jenjang pendapatan sebagaimana usaha MLM seperti yang biasa kita kenal. Jadi, komisi yang akan Anda peroleh tidak hanya dari penjualan yang Anda lakukan saja, tetapi juga dari orang lain yang pernah Anda ajak sebelumnya.

Untuk mengetahui secara lebih jauh mengenai bisnis semacam ini, penjelasan di bawah ini dapat Anda cermati.

Pilihlah bisnis yang sesuai dan membuat Anda yakin 

Ada banyak bisnis online yang ditawarkan di internet, dan bisa saja semua pilihan yang ada itu dapat membuat Anda merasa bingung untuk memilih salah satunya. Untuk itu, diperlukan suatu pilihan tersendiri untuk dapat memilah dan memilih mana bisnis online yang dapat Anda ikuti dan mana yang sebaiknya ditinggalkan.

Salah satu acuan yang dapat digunakan untuk hal ini adalah bisnis yang benar-benar sesuai dengan diri Anda, dan juga yang dapat membuat Anda yakin.

Umpama, kalau Anda menyukai membaca buku dan sangat dekat dengan dunia buku, maka ada bagusnya kalau Anda bergabung dengan bisnis online yang memperdagangkan buku atau e-book, daripada kalau Anda bergabung dengan bisnis online yang memperjual-belikan alat pancing, misalnya. Ini akan lebih sesuai dengan diri Anda, karena barang yang menjadi komoditas bisnis itu sesuai dan dekat dengan diri Anda.

Selain itu, Anda harus yakin dengan bisnis online yang Anda pilih itu. Jika Anda merasa ragu-ragu, maka sebaiknya tinggalkan saja, karena meskipun mungkin itu bisnis yang baik tetapi tidak akan membuat Anda merasa nyaman menjalankannya.

Lalu bagaimana bisnis online yang baik itu dalam hal lamanya waktu beredarnya di internet? Tidak bisa dipastikan. Ada bisnis online yang sudah berjalan dalam waktu lama namun masih juga dapat menjaring anggota baru atau sebaliknya sudah membuat jenuh, ada pula bisnis online yang baru muncul di internet tapi segera menjadi bisnis rebutan banyak orang, atau bisa pula menjadi bisnis yang dianggap aneh. Jadi tak ada takaran waktu yang pasti menyangkut hal itu.

Ambillah bisnis online yang belum jenuh

Sebagaimana yang dinyatakan di atas, tidak ada takaran pasti mengenai waktu ideal menyangkut bisnis online ini, karena bisa saja suatu bisnis sudah berjalan selama bertahun-tahun di internet tetapi masih terus saja dapat menjaring anggota baru. Namun ada pula suatu bisnis yang telah berjalan lama yang kemudian telah membuat jenuh para pengunjung internet. Sekali lagi, ini tetap saja tidak dapat dilekatkan dengan suatu waktu tertentu, karena bisa saja bisnis baru pun segera membuat jenuh.

Karenanya, dibutuhkan kecerdikan dan pengetahuan tersendiri untuk mengetahui mana-mana bisnis online yang sekiranya belum sampai di titik jenuh seperti itu. Biasanya, untuk hal ini dapat digunakan patokan anggota. Kalau suatu bisnis online telah memiliki anggota sekitar sepuluh ribu orang lebih, maka bisa dikatakan kalau bisnis itu sudah akan tiba di titik jenuhnya.

Gambaran mudahnya seperti ini; kalau sepuluh ribu orang itu setiap harinya menawarkan bisnisnya di internet, maka itu berarti akan ada sepuluh ribu tawaran bisnis yang sama di internet. Kalau masing-masing dari sepuluh ribu orang itu mendapatkan satu anggota baru, maka itu berarti akan ada jumlah penawaran besar-besaran dalam satu bisnis yang sama di internet.

Baca lanjutannya: Panduan Jika Ingin Menggunakan Blog untuk Bisnis (3)