Panduan Jika Ingin Menggunakan Blog untuk Bisnis (1)

Panduan Jika Ingin Menggunakan Blog untuk Bisnis

BIBLIOTIKA - Menggunakan blog untuk berbisnis atau untuk mencari uang dengan beberapa jalan yang biasa ditawarkan di internet, tentu sah-sah saja, karena itu memang hak setiap pemilik blog. Lagi pula, bisnis internet atau bisnis online memang sedang menjadi tren sekarang ini, dan blog bisa dijadikan sebagai salah satu sarananya.

Biasanya, yang menjadi pertimbangan mengapa orang menggunakan blog untuk berbisnis adalah karena menginginkan penghasilan atau uang dari aktivitas nge-blog tersebut. Karena, kalau dipikir-pikir, memang blog sulit menghasilkan uang jika tidak diimbangi dengan bisnis. Karenanya, sekali lagi, menggunakan blog untuk mencari uang atau memperoleh penghasilan tentu wajar dan sah. Khususnya lagi kalau blog Anda termasuk memiliki pengunjung tetap yang banyak.

Nah, agar upaya Anda untuk menghasilkan uang melalui blog bisa lebih lancar dan maksimal, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda cermati terlebih dulu, untuk dapat memilih bisnis seperti apa yang sekiranya paling cocok dengan blog Anda.

Memilih bisnis online yang menguntungkan

Ada banyak sekali model bisnis di internet yang bertebaran dan ditawarkan dengan berbagai bentuk dan ragamnya. Ada bisnis internet ala konvensional, dalam arti suatu situs menawarkan suatu barang dagangan tertentu kepada pengunjung, dan barang-barang yang ditawarkan itu memang berupa barang yang berwujud, semisal kaset, VCD atau DVD, buku, majalah atau yang lainnya, dan barang-barang itu akan dikirimkan melalui jasa pos atau ekspedisi jika telah terjadi pemesanan atau pembayaran.

Namun, ada juga bentuk bisnis online yang sama sekali tidak melibatkan barang yang berwujud. Misalnya, ada situs yang menjual aneka barang, namun semua barang itu bisa diperoleh dengan cara men-downloadnya. Barang-barang seperti ini biasanya berbentuk e-book atau buku elektronik, video, musik MP3 dan lain-lain semacamnya. Atau, ada pula bisnis online yang menawarkan suatu ruang di website untuk digunakan beriklan.

Nah, yang banyak ditawarkan di internet saat ini adalah bisnis yang merupakan ‘member get member’. Ini adalah bentuk bisnis yang memberikan kesempatan kepada kita untuk memiliki suatu bisnis di internet, tanpa kita harus memiliki modal besar, tanpa harus memiliki modal barang, bahkan juga bisa tanpa harus memiliki situs web sendiri.

Jadi, secara mudahnya, cara bisnis ini berlaku adalah seperti ini; suatu website di internet menawarkan suatu barang (entah barang berwujud ataukah barang yang di-download), dan apabila Anda berminat dengan barang tersebut, maka Anda bisa membelinya. Nah, urusannya tidak berhenti sampai di situ. Apabila Anda membeli barang dari mereka, dan kemudian Anda tertarik untuk ikut memasarkannya, maka Anda akan diberi kesempatan untuk memperoleh komisi untuk setiap penjualan yang dapat Anda hasilkan.

Besarnya komisi ini rata-rata adalah 50 persen untuk barang-barang penjualan yang di-download, dan sekitar 30 sampai 40 persen untuk penjualan barang-barang yang berwujud.

Nah, dengan cara seperti ini, maka Anda dapat berbisnis di internet tanpa harus memiliki modal besar karena Anda bahkan tidak membutuhkan barang untuk dibisniskan. Anda hanya bertugas menawarkan barang tersebut kepada orang lain, dan apabila orang yang Anda tawari tertarik, maka si pemilik barang itulah yang akan memberikan barangnya, dan Anda akan memperoleh komisi dari penjualan itu.

Lebih dari itu, Anda bahkan terkadang tak perlu memiliki situs sendiri untuk bergabung dengan bisnis seperti ini, karena biasanya si pengelola bisnis itulah yang kemudian akan membuatkan situs khusus buat Anda guna tujuan penawaran barang mereka. Situs semacam itu biasanya disebut sebagai situs duplikasi. Jadi, situs itu dibuat oleh mereka, dengan suatu identitas tersendiri yang akan menjadi bukti bahwa itu adalah situs milik Anda.

Baca lanjutannya: Panduan Jika Ingin Menggunakan Blog untuk Bisnis (2)