Mungkinkah Ada Semut Sebesar Gajah atau Gajah Sebesar Semut?

 Mungkinkah Ada Semut Sebesar Gajah atau Gajah Sebesar Semut?

BIBLIOTIKA - Dalam film-film fantasi kadang kita menemukan sosok-sosok makhluk aneh, khususnya yang berbentuk hewan. Melalui permainan kamera atau sentuhan teknologi animasi, gajah bisa dibuat sekecil semut, atau semut bisa diwujudkan sebesar gajah. Tapi dalam dunia nyata, keajaiban semacam itu tidak ada.

Masing-masing hewan memiliki ukurannya sendiri-sendiri—ada yang besar dan kecil—karena ukuran tubuh mereka ditentukan oleh gen. Gen berperan meneruskan bentuk dan karakteristik induk kepada anak-anak mereka. Karena itu, selama gen tidak mengalami perubahan drastis, tidak akan ada semut sebesar gajah atau gajah sebesar semut.

Pada tahun 2001, para ilmuwan di Inggris mengumumkan penemuan gen khusus, yang diharapkan mampu mereproduksi hewan berukuran besar. Gen yang disebut ICG2R itu mereka temukan ketika mereproduksi gen sapi dan kambing. Melalui gen itu pula, mereka berharap, dapat membuat hewan yang sangat besar, misalnya sapi sebesar dinosaurus—atau semut sebesar gajah. Tapi itu masih dalam penelitian lebih lanjut, dan belum ada kepastiannya.

Fakta:

  1. Semut pekerja hidup hingga 7 tahun lamanya, sedangkan ratu semut dapat hidup hingga 15 tahun.
  2. Ketika satu-satunya ratu semut mati, maka matilah seluruh koloni, sebab tak ada semut baru yang lahir. 
  3. Semut dapat mengangkat beban 50 kali lipat dari berat tubuhnya.
  4. Semut ada di seluruh dunia, kecuali di Iceland, Antartika, dan Greenland.
  5. Berat otak gajah bisa mencapai 6 kilogram.
  6. Dalam sehari, seekor gajah bisa meminum 80 galon air.
  7. Gajah adalah satu dari beberapa mamalia yang tidak bisa melompat.
  8. Di Florida, bila seekor gajah ditambatkan di sebuah meteran parkir, ongkos parkir tetap harus dibayar, seperti kendaraan lain.