Lakukan Ini bila Telinga Kemasukan Semut

 Lakukan Ini bila Telinga Kemasukan Semut

BIBLIOTIKA - Bila ada semut ‘iseng’ yang masuk ke telinga, Anda bisa mengatasinya dengan cara berikut ini.

Sediakan sedikit kapur sirih yang telah dicampur dengan sedikit air. Setelah lunak, oleskan ke belakang telinga yang kemasukan semut. Dengan cara ini, semut yang masuk ke dalam telinga pun akan segera keluar.

Cara lain adalah dengan memancing semut dengan gula. Caranya, genggam atau letakkan gula dalam sendok. Dekatkan ke telinga Anda yang kemasukan semut. Tunggu beberapa saat, semut akan terpancing dan keluar karena bau khas gula, bila memang semut itu tidak mati dalam telinga.

Bila kedua cara tersebut tidak berhasil, dan Anda merasa terganggu karenanya, konsultasikan pada dokter telinga.


Tips bila kepatil ikan lele

Apabila Anda sedang membersihkan ikan lele dan tiba-tiba anggota badan Anda terkena patil, sakitnya tentu sungguh luar biasa. Selain itu bagian yang terkena patil juga jadi membengkak. Jika Anda mengalami hal ini, jangan khawatir, coba saja lakukan tindakan berikut.

Ambil dua sampai tiga sendok kopi bubuk, masukkan ke dalam wadah dan tuangkan air mendidih. Balurkan pada bagian yang terkena patil. Dalam beberapa saat bengkak dan rasa sakit akan menghilang dengan segera. Silakan mencoba dan buktikan.


Tips praktis mengatasi luka bakar

Tahukah Anda, hand body lotion juga bisa digunakan untuk mengatasi luka bakar selain untuk merawat kulit tubuh.

Anda yang aktif di dapur, misalnya, pasti akan sering terkena cipratan minyak panas atau kebetulan terpegang wajan yang masih panas. Nah, agar kecelakaan semacam itu tidak menjadi fatal, segera oleskan hand body lotion pada daerah yang terkena panas itu.

Dalam waktu singkat, rasa panas dan pedih akibat panas akan hilang dan berganti dengan kesejukan.


Tips jika tersayat pisau berkarat

Di dalam aktivitas sehari-hari, Anda bisa saja menggunakan pisau atau benda tajam lain yang kebetulan berkarat, dan kebetulan pula jari Anda tersayat. Untuk mengatasi hal ini, Anda tak perlu buru-buru panik. Lakukan saja tips berikut untuk mengatasinya.

Pijit-pijitlah atau tekan-tekanlah sekitar bagian luka yang tersayat tersebut agar kotoran yang tertinggal di dalamnya bisa keluar bersama darah yang kotor. Setalah itu olesi luka tersebut dengan getah pohon pisang.

Cara mengambil getah pisang adalah dengan memotong bagian batang pohon atau pelepah pisang. Dengan cara ini, luka Anda akan segera menutup kembali.


Tips jika jari tertusuk duri

Saat sedang beraktivitas di kebun atau di taman rumah, bisa jadi Anda mengalami tertusuk duri. Entah duri bunga mawar, duri kaktus, atau yang lainnya. Yang menjadi masalah, kadang duri tidak bisa mudah diambil atau dikeluarkan. Kalau menggunakan peniti atau jarum untuk mengeluarkannya, ada kemungkinan malah terjadi infeksi. Nah, ada cara yang mudah untuk mengeluarkan duri tersebut dengan aman.

Ambillah bawang merah, kemudian olesi dengan minyak kelapa. Setelah itu digarang (dibakar sampai hangus).

Nah, setelah itu oleskan bakaran bawang merah tadi pada bagian yang terkena tusukan duri, maka duri yang masih tertancap di dalam kulit pun akan dapat dikeluarkan dengan mudah.