Kiat-kiat agar AC Hemat Listrik

 Kiat-kiat agar AC Hemat Listrik

BIBLIOTIKA - Penggunaan AC sudah umum pada masa sekarang ini, karena udara yang cenderung makin panas dari waktu ke waktu. Karenanya, banyak rumah yang menjadikan AC sebagai “dewa penolong” mengatasi panas karena kipas angin sudah dianggap tidak memadai lagi.

Hanya saja, AC membutuhkan daya listrik yang besar, sehingga penggunaan AC menjadikan tagihan listrik melonjak. Nah, agar penggunaan AC di rumah Anda tidak memboroskan listrik, berikut ini tips yang bisa Anda lakukan:

Pilihlah AC yang hemat energi. Sesuaikan kebutuhan daya AC dengan daya listrik rumah. Selain itu, sesuaikan juga daya AC dengan ukuran ruangan. Hindari menggunakan AC berkapasitas besar jika ruangan yang digunakan tergolong kecil.

Matikan selalu AC jika tidak digunakan. Jangan biarkan AC bekerja tanpa manfaat.

Aturlah suhu ruangan secukupnya, dan hindari menyetel AC terlalu dingin.

Ketika AC sedang berfungsi, tutuplah pintu, jendela, dan ventilasi ruangan, agar udara panas dari luar tidak masuk.

Tempatkan AC sejauh mungkin dari sinar matahari secara langsung, agar efek pendingin tidak berkurang.


Cara memilih tempat untuk kulkas

Kulkas atau lemari es tidak bisa ditempatkan secara sembarangan. Karena berbagai hal menyangkutnya, kulkas harus diletakkan di tempat yang tepat, sehingga kemampuan serta keindahan tampilannya senantiasa terjaga. Berikut ini adalah cara dalam memilih tempat untuk kulkas di rumah Anda:

Letakkan kulkas pada tempat yang kering, sejuk, dan memiliki sirkulasi udara yang lancar.

Jangan meletakkan kulkas di tempat yang terkena sinar matahari atau berdekatan dengan alat-alat yang mengeluarkan panas, semacam oven, rice cooker, dan semacamnya, karena hal itu dapat menyebabkan peningkatan penggunaan energi listrik oleh kulkas.

Sisakan ruang antara kulkas dengan tembok atau dinding untuk sirkulasi udara yang lancar.


Tips pintar membersihkan oven

Oven sering digunakan dalam aktivitas memasak sehari-hari. Agar oven di rumah Anda selalu bersih dari kotoran yang menempel, Anda bisa melakukan tips pintar berikut ini.

Pertama, taburkan garam di atas permukaan yang kotor, kemudian biarkan oven tersebut dingin terlebih dulu. Setelah dingin, sikatlah sisa makanan yang telah terbakar di dalam oven tersebut dengan menggunakan spons basah.

Kedua, untuk oven yang sering ditempeli lemak, Anda bisa menaburkan garam ketika oven masih dalam keadaan panas. Tunggu sampai dingin, lalu sikatlah dengan sikat yang kasar.

Ketiga, bagian dalam oven bisa dibersihkan dengan tanpa menggores lapisannya. Caranya adalah dengan membubuhkan sedikit bikarbonat soda yang telah halus di atas spon yang lembab, lalu gosokkan.